Dua Siswi Lulusan SMK Curhat Sulit Dapat Kerja, Ganjar Imbau Ikut Pelatihan UKM

Rabu, 10 Januari 2024 - 12:21 WIB
loading...
A A A
"Tapi kita belum tahu tempatnya Pak, dan kita anak muda belum punya modal gitu Pak, pengalaman masih kurang," kata remaja perempuan tersebut.

Ganjar menyarankan kepada anak-anak muda yang sudah lulus dan masih belum mendapatkan pekerjaan agar mengambil langkah pertama dengan mendatangi tempat pelatihan bisnis dan Usaha Kecil Mikro (UKM) yang dikembangkan salah satunya Hetero Space di Banyumas, Jawa Tengah.

"Masih kurang? Jadi mau belajar kan? Mau dikasih ilmu kan? Oke ya pelatihan, makanya saya tanya sudah ke Hetero Space? Yuk berangkat," tanya Ganjar.

"Mau banget, tapi gak ada ongkos, anterin Pak," jawab remaja perempuan tersebut.

"Ya Allah (istighfar), yuk nanti dianterin (kata Ganjar kepada jajarannya). Ya iya, jadi artinya kalau mau di sana itu ada anak-anak muda. Saya ketemu ibu-ibu, mereka pelatihan di sana mengungkung, untir-untir, yang satu jualan baby ikan Nila digoreng, kemudian dijual keliling pakai sepeda, saat dilatih di situ diajarin e-commerce, marketing, jadi tahu cara jualnya, tahu ilmunya,” ujarnya.

Ganjar mengaku sempat mendatangi rumahnya untuk mengetahui perkembangan usahanya.

“Saya saking penasaran saya datangi rumahnya. Dia bilang dapat ilmu baru ada empat desain karena segmennya berbeda-beda. Bisa begitu karena dilatih, karena mau. Penjualan dia naik 100%. Dari situ baru diajarkan bagaimana bisa mendapatkan modal. Misalkan kamu bisa goreng Mendo? Nanti insyaallah Mendo mu bisa bersaing dengan orang lain. Jadi sekolah di SMK jurusan Kimia, karena melamar ke sana kemari enggak diterima, berusaha siapa tahu nanti menjadi juragan," ucap Ganjar.

Ganjar Pranowo kemudian bertanya kepada warga apakah mengenal sosok mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Tahu Bu Susi? Tahu dong. Dia lulusan SMP. Kenapa dia begitu, dia jualan, dia mulai dari jualan ikan. Karena tambah gede tambah gede di eksport, tapi ini prosesnya lama. Begitu di ekspor sewa pesawat terbang, karena sewa-sewa terus kenapa enggak beli sendiri, dikumpulin duitnya, beli sendiri. Setelah beli sendiri dia tambah bisnis pesawat. Perempuan, lulusan SMP, punya kemauan tinggi, hebat. Kamu berdua bisa menjadi seperti itu. Antar anak-anak muda, ajak sekali-kali piknik ke luar, begitu pikniknya jauh, orang akan tahu oh dunia luar itu juga indah dan menginspirasi," tutup Ganjar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2373 seconds (0.1#10.140)