Hijrah Transformatif Menuju Indonesia Damai 2024

Kamis, 04 Januari 2024 - 06:57 WIB
loading...
A A A
Radikalisme mengandung muatan ajaran, gagasan, pemikiran ideologis untuk transformasi sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara ekstrem sehingga diperlukan deradikalisasi atau upaya mencegah, mereduksi dan meniadakan paham radikal dalam hati, pikiran, perkataan dan perbuatan seseorang.

Banyak pendekatan yang dapat dilakukan dalam upaya deradikalisas yang dapat dilakukan dengan cara humanis, interaktif-komunikatif, kesetaraan sosial, partisipasi dan emansipatori seluruh elemen masyarakat agar mereka merasa dirangkul menjadi keluarga besar yang hidup dalam satu rumah besar bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pendekatan lain bisa dilakukan dengan penegakkan hukum secara adil, pendekatan agama, ekonomi, pendidikan, budaya dan sebagainya (variable ini akan dibahas secara berkelanjutan).

Penguatan pemahaman dan mental ideologi anak bangsa menjadi satu aspek penting yang sangat signifikan dalam menciptakan deradikalisasi. Pemahaman ideologi Pancasila sebagai sumber identitas nasional dan jati diri bangsa yang baik dan benar memerlukan injeksi luas dengan berkolaborasi melaksanakan seolah kebangsaan, kampus kebangsaan dan aksi afimasi lain yang bersifat inklusif.

Program yang dilakukan BNPT seperti kampus kebangsaan memerlukan usaha berkesinambungan dan berkelanjutan melalui dukungan, dan kerjasama lintas sektoral, pendekatan penta helix yaitu pemerintah, akademisi, dunia industri, media dan masyarakat. Semoga dalam waktu yang tidak lama gagasan sekolah kebangsaan, madrasah kebangsaan, dan kampus kebangsaan terus mengaliri pemahaman ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan ketahanan anak bangsa yang lebih baik.

Semoga memasuki lembaran Tahun baru 2024 ini kita secara personal dan kolektif melakukan afirmasi-afirmasi positif yang dapat menstimulasi transformasi hati, mindset, kata dan perbuatan kita ke arah yang lebih baik, Indonesia lebih damai, lebih harmonis, dan lebih solid serta lebih berdaulat.

Afirmasi-afirmasi positif, selain memiliki kekuatan menciptakan ruang positif dalam hati dan pikiran serta perkataan yang kemudian men-drive anggota tubuh kita untuk melakukan pernyataan-pernyataan afirmatif, juga hati dan pemikiran kita akan memproses pembentukan kepribadian kita seperti yang terbetik dalam hati dan pikiran kita.

Hal ini mengingatkan kita bahwa Tuhan mengikuti sangkaan hamba-Nya. Ketika afirmasi untuk melakukan hijrah transformatif yang berdampak positif lebih luas, maka hati dan pikiran kita membentuk personality seperti yang disangkakan.

Kita menghadirkan hal-hal yang lebih baik sepanjang 2024 untuk kehidupan seluruh eksponen masyarakat bangsa Indonesia majemuk menjaga persatuan Indonesia, meningkatkan sikap nasionalisme, patriotisme dan jiwa bela negara sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing untuk Indonesia jaya.

Kita juga berdoa semoga calon-calon pemimpin kita yang sedang disibukkan oleh hiruk pikuk persaingan politik menuju pesta demokrasi diberi bimbingan dan petunjuk Tuhan YME agar mengedepankan kepentingan yang lebih luas di atas kepentingan kelpmpok dan golongan. Selamat bertranformasi menuju Indonesia lebih damai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)