5 Contoh Sambutan untuk Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Senin, 30 September 2024 - 20:26 WIB
loading...
5 Contoh Sambutan untuk...
Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya mengenang jasa para Pahlawan Revolusi yang telah gugur pada peristiwa G30S/PKI. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya untuk mengenang jasa para Pahlawan Revolusi yang telah gugur pada peristiwa G30S/PKI. Pemberontakan dilakukan oleh beberapa kelompok tertentu, termasuk PKI, yang bertujuan untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi komunisme.

Saat itu, pada tahun 1965, hubungan tidak harmonis terjadi antara TNI dengan PKI karena berseberangan politik. PKI berusaha menyingkirkan para petinggi TNI AD agar dapat mengambil alih pemerintahan Ir Soekarno yang saat itu sedang dalam kondisi sakit.

Penculikan dan pembunuhan terhadap enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI AD pun terjadi dalam satu malam. Mayat dari ketujuh perwira baru ditemukan pada 4 Oktober 1965 di sebuah sumur sedalam 12 meter, di sebuah daerah yang kini bernama Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Tujuh orang perwira TNI AD yang menjadi korban kejahatan PKI, yaitu Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Harjono, Mayor Jenderal Raden Suprapto, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jendral Donald Isaac Panjaitan, Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.



Dikutip dari laman resmi Kemendikbud Ristek, Hari Kesaktian Pancasila 2024 akan mengambil tema Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas. Tema ini memberikan harapan agar masyarakat Indonesia tetap berpegang teguh pada Pancasila dan mewujudkan cita-cita sebagai bangsa yang rukun serta sejahtera.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, salah satunya adalah upacara. Melalui upacara, kita dapat memperkuat kembali semangat nasionalisme dan meningkatkan rasa kecintaan kita terhadap Pancasila. Berikut adalah beberapa contoh teks sambutan singkat untuk Hari Kesaktian Pancasila yang sesuai dengan tema peringatan.

5 Contoh Sambutan untuk Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Contoh Teks Sambutan 1


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi semua, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam kebajikan, Rahayu.

Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena pada hari ini, 1 Oktober 2024, kita kembali dipertemukan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Tepat pada hari ini, kita mengenang 59 tahun sejak terjadinya peristiwa yang sangat menyedihkan bagi bangsa kita. Kita akan selalu mengingat jasa 7 perwira bangsa yang gugur, yang dengan penuh keberanian mempertahankan kemurnian Pancasila dari ancaman ideologi lain yang berusaha menggantinya, yaitu komunisme.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0706 seconds (0.1#10.140)