TKI Dieksekusi Mati, Pemerintah Didesak Minta Penjelasan Arab Saudi

Senin, 19 Maret 2018 - 16:32 WIB
TKI Dieksekusi Mati, Pemerintah Didesak Minta Penjelasan Arab Saudi
TKI Dieksekusi Mati, Pemerintah Didesak Minta Penjelasan Arab Saudi
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR mendesak Pemerintah Indonesia meminta penjelasan Arab Saudi tentang eksekusi mati Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Muhammad Zaini Misrin.

Apalagi informasi yang beredar bahwa Arab Saudi tidak memberikan informasi kepada Pemerintah Indonesia tentang eksekusi mati tersebut.

"Sebaiknya pemerintah Indonesia secepatnya menghubungi langsung Raja Saudi Arabia, memeroleh penjelasan mengenai hal tersebut," ujar Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/2018). (Baca juga: TKI Zaini Misrin Dieksekusi, Arab Saudi Dinilai Langgar HAM )

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini pun heran jika Arab Saudi tidak memberikan informasi kepada Pemerintah Indonesia tentang eksekusi mati itu. "Tentu yang jadi pertanyaan adalah apakah perwakilan kita pro aktif di sana, kok bisa sampai jadwal eksekusi tidak tahu," paparnya.

Kemudian, dia pun mempertanyakan apakah hubungan bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi sudah tidak baik. "Sampai tidak ada pengampunan lagi," ujarnya.

Sebab, kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengajukan permohonan ampunan Zaini Misrin kepada Arab Saudi.

"Diperpanjang satu tahun lebih dari jadwal eksekusi. Lalu apakah selama waktu tersebut sudah dilakukan advokasi maksimal, atau masih kurang," ungkapnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4793 seconds (0.1#10.140)