20 Contoh Negara Kesatuan dan Serikat, Simak dan Pahami

Kamis, 07 Desember 2023 - 13:38 WIB
loading...
20 Contoh Negara Kesatuan dan Serikat, Simak dan Pahami
Ada dua konsep pembentukan negara yang cukup dikenal, yaitu negara kesatuan dan negara serikat. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Contoh negara kesatuan dan serikat perlu dipahami agar tidak keliru. Sebab, konsep pembentukan negara kesatuan dan negara serikat terdapat sejumlah perbedaan.

Sistem pemerintahan dalam dunia ini sangat bervariasi. Ada dua konsep pembentukan negara yang cukup dikenal, yaitu negara kesatuan dan negara serikat.

Kedua model tersebut memiliki perbedaan signifikan dalam struktur pemerintahannya dan cara pengaturan kekuasaan antara pemerintah pusat dan entitas lokal. Berikut ulasannya.

Contoh Negara Kesatuan


Negara kesatuan memiliki pemerintahan yang sentralistik. Artinya, kekuasaan utama terpusat di pemerintah pusat, dan entitas lokal atau daerah mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.



Di dalam negara kesatuan, biasanya ada sedikit otonomi bagi daerah atau provinsi dalam membuat keputusan politik. Hukum yang berlaku di seluruh negara umumnya ditetapkan oleh pemerintah pusat dan dijalankan secara konsisten di seluruh wilayah negara tersebut.

Meskipun beberapa negara kesatuan memiliki tingkat otonomi yang berbeda-beda bagi entitas lokalnya, keputusan utama dan kebijakan umum ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Berikut contoh negara kesatuan:

1. Indonesia


Indonesia merupakan negara kesatuan, di mana kekuasaan tertinggi terletak di pemerintahan pusat di Jakarta. Meskipun terdapat otonomi daerah, keputusan besar dan kebijakan nasional diatur oleh pemerintah pusat.

2. Prancis


Prancis adalah contoh negara kesatuan yang memiliki pemerintahan yang sangat terpusat di tingkat nasional. Kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif terpusat di pemerintahan pusat di Paris.

3. Spanyol


Spanyol memiliki sistem kesatuan yang mengatur pemerintahan dari pusat di Madrid, dengan otonomi yang diberikan kepada wilayah-wilayah seperti Catalonia dan Basque Country. Namun keputusan penting masih diambil oleh pemerintah pusat.

4. Italia


Italia juga merupakan contoh negara kesatuan. Kekuasaan tertinggi dijalankan oleh pemerintah pusat di Roma, sementara otonomi regional diberikan kepada beberapa wilayah seperti Sisilia dan Veneto.

5. Jepang


Jepang juga memiliki sistem negara kesatuan di mana pemerintah pusat di Tokyo memiliki kekuasaan yang dominan.

6. Mesir


Mesir adalah negara kesatuan di mana pemerintah pusat di Kairo memiliki kontrol utama atas negara.

7. China


China adalah negara kesatuan yang terdiri dari berbagai provinsi, wilayah otonom, dan munisipalitas. Ini adalah negara terbesar di Asia Timur dan memiliki populasi terbesar di dunia.

8. Yunani


Negara Yunani memiliki struktur kesatuan dengan pemerintah pusat di Athena yang memiliki kontrol utama.

9. Korea Selatan


Korea Selatan, secara resmi dikenal sebagai Republik Korea, adalah sebuah negara demokrasi berbentuk kesatuan. Artinya, negara ini memiliki satu pemerintahan pusat yang mengatur semua wilayahnya tanpa adanya otonomi yang signifikan bagi daerah-daerah di dalamnya.

10. Vietnam


Vietnam adalah negara berbentuk republik sosialis tunggal, yang berarti diperintah oleh satu partai politik, yaitu Partai Komunis Vietnam. Sistem pemerintahan Vietnam mengikuti model kesatuan di mana kekuasaan utama berpusat pada pemerintah pusat di ibu kota Hanoi.

Contoh Negara Serikat


Negara serikat memiliki struktur pemerintahan yang lebih terdesentralisasi. Kekuasaan terbagi antara pemerintah federal atau pusat dan pemerintah negara bagian atau provinsi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)