KPU Putuskan Gelar 3 Debat Capres dan 2 Cawapres, Ini Jadwal dan Temanya

Rabu, 06 Desember 2023 - 21:26 WIB
loading...
KPU Putuskan Gelar 3 Debat Capres dan 2 Cawapres, Ini Jadwal dan Temanya
Ketua KPU Hasyim Asyari mengungkapkan hasil rapat dengan ketiga timses untuk format debat capres-cawapres yang akan dilakukan lima kali dan diawali pada 12 Desember mendatang. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengungkapkan hasil rapat dengan ketiga timses untuk format debat capres-cawapres yang akan dilakukan lima kali dan diawali pada 12 Desember mendatang.

Dalam hasil rapat kedua itu, Hasyim mengatakan lima hasil rapat tersebut tersebut, yakni pertama soal format debat capres dan cawapres, kedua tema masing-masing debat pertama sampai kelima, kemudian yang ketiga soal panelis.



"Kemudian yang keempat soal moderator yang akan memimpin atau memoderasi cepat capres dan cawapres. Kemudian yang kelima soal undangan yang akan hadir pada debat capres-cawapres," ujar Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023).

Hasyim melanjutkan jika dalam format debat pihaknya telah menentukan porsi debat pertama hingga kelima.

"Debat pertama itu nanti adalah porsinya untuk debat capres, debat kedua adalah debat untuk cawapres. Debat yang ketiga adalah debat untuk capres. Debat keempat adalah debat untuk cawapres. Dan yang kelima atau yang terakhir, itu porsinya untuk debat capres," tutur Hasyim.

Lalu, untuk topik debat. Debat pertama pada 12 Desember 2023 untuk capres, temanya meliputi pemerintahan, hukum, HAM, Pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat kedua yang menjadi porsinya cawapres pada 22 Desember 2023. Tema debatnya adalah ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, ataupun keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Debat ketiga yang menjadi porsinya debat capres berlangsung pada 7 Januari 2024. Temanya adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat keempat yang akan menjadi porsinya cawapres pada 21 Januari 2024. Temanya adalah pembangunan berkelanjutan, kemudian sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)