Membangun Kembali Perdamaian di Selat Taiwan: Analisis dan Tantangan Pemilu Taiwan 2024

Selasa, 05 Desember 2023 - 15:53 WIB
loading...
A A A
Meskipun kerja sama telah pulih dengan cepat, otoritas Partai Progresif Demokratik (DPP) di Taiwan secara bersamaan juga menerapkan tindakan penghalangan, intimidasi, pemantauan, dan penekanan terhadap antusiasme masyarakat dari berbagai lapisan dan kelompok untuk berpartisipasi dalam pertukaran lintas Selat. Pendekatan ini, sayangnya, dapat memperkuat keraguan dan ketidakpercayaan di antara kedua belah pihak di Selat Taiwan, yang berpotensi menjadi pemicu konflik dan eskalasi ketegangan.

Penting untuk diketahui bahwa jika DPP terus menerapkan strategi pembersihan otak terhadap masyarakat Taiwan, hal ini berpotensi menyesatkan semakin banyak orang di masa depan. Situasi ini tidak sesuai dengan semangat perdamaian lintas Selat yang diharapkan dan diinginkan oleh masyarakat secara umum.

Ketiga, Amerika Serikat kembali menerapkan kebijakan terkait Selat Taiwan yang menekankan stabilitas. Peran Amerika Serikat bukan hanya sebagai tantangan utama, hambatan signifikan, dan permasalahan krusial dalam hubungan lintas Selat, tetapi juga merupakan peluang besar, ujian yang signifikan, dan titik awal yang krusial untuk merekonstruksi perdamaian dan saling percaya di Selat Taiwan.

Selama Amerika Serikat tetap konsisten dengan strategi kompetitifnya dengan Tiongkok daratan sebagai saingan strategis utama, upaya "memainkan kartu Taiwan" tidak akan berhenti. Selama Amerika Serikat terus melakukan hal ini, harapan untuk perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan akan terus sulit dicapai, karena tindakan ini dapat sengaja menciptakan konflik antara kedua sisi Selat Taiwan dan menciptakan titik panas yang memengaruhi wilayah Asia-Pasifik dan komunitas internasional.

Selama Amerika Serikat terus mempertahankan strategi "memainkan kartu Taiwan," akan menjadi sulit untuk mengantisipasi kerjasama yang positif antara partai penguasa Taiwan dan pemerintahan Taiwan dengan Tiongkok daratan. Kebijakan ini cenderung mengisolasi, membendung, menahan, dan menekan Tiongkok daratan.

Bagaimana kekuatan politik di Taiwan dan pemerintahan di masa depan mengelola hubungan lintas Selat antara China dan Amerika Serikat, mempertimbangkan pro dan kontra dengan cermat, serta memilih untuk maju atau mundur secara ofensif atau defensif, akan menjadi ujian yang signifikan terhadap visi strategis ke depan, keadilan nasional, dan masa depan Taiwan dan takdirnya.

Kecuali jika situasinya berubah, Amerika Serikat mungkin tidak akan merasa bahwa masalah Selat Taiwan yang damai dan stabil, dibandingkan dengan Selat Taiwan yang bergejolak dan dilanda krisis, adalah kepentingan terbaiknya. Setelah pemerintahan baru di Taiwan resmi dilantik pada tahun 2024, dan jika hubungan lintas Selat benar-benar membaik, apakah Amerika Serikat akan merasa optimis dengan perkembangan tersebut masih menjadi pertanyaan yang sulit untuk dijawab pada saat ini.

Apa yang dinyatakan Amerika Serikat sebagai "kepedulian dan pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan" dianggap sebagai bentuk penipuan diri dan penyesatan strategis, tanpa memandang logika kepentingan, strategi, nilai, atau sejarah. Jika Amerika Serikat memperdalam upaya untuk memperkuat hubungan lintas Selat di masa depan dan tidak ragu-ragu untuk memprovokasi konflik di Selat Taiwan, maka negara tersebut mungkin mengadopsi pendekatan yang sesuai dengan pemikiran yang dimiliki oleh Donald Rumsfeld, Menteri Pertahanan di bawah pemerintahan George W Bush ketika menjabat.

Jika Amerika Serikat dan pihak berwenang Taiwan bekerja sama secara sengaja dalam kebijakan lintas Selat, hal ini dapat meningkatkan risiko dan bahaya dalam hubungan lintas Selat. Meskipun pemerintah AS saat ini tidak menginginkan pecah perang atau konflik antara Tiongkok dan Amerika Serikat, sulit untuk mengecualikan kemungkinan bahwa kebijakan mereka dapat berubah jika segala upaya telah habis dan mereka tidak dapat menahan konfrontasi dengan Tiongkok.

Semua hal ini memerlukan kebijaksanaan partai politik dan pemilih Taiwan. Terkait dengan masalah Taiwan, China daratan akan tetap teguh dalam tekad strategis, kemauan strategis, dan visi strategisnya. China daratan akan dengan tegas menentang campur tangan asing dan tekanan terhadap harga diri nasional, serta secara efektif melindungi inti kepentingan nasional tanpa kompromi apa pun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2451 seconds (0.1#10.140)