Pancasila Pengejawantahan Nilai-nilai Agama dan Keluhuran Bangsa Indonesia

Jum'at, 01 Desember 2023 - 15:32 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, dengan menghayati nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila, seharusnya seluruh masyarakat bisa menjaga persatuan dan kesatuan dengan sesama manusia. Hal ini juga tidak berbeda dengan ajaran agama. Menjaga persatuan itu berarti mensyaratkan adanya sikap saling menerima dan menghormati. Inilah yang disebut sebagai toleransi.

Dalam ajaran agama Islam, bahkan pada saat membenci kelompok lain, seseorang tidak boleh berlaku tidak adil kepada mereka. Dengan berlaku intoleran, berarti mereka sebenarnya sedang melanggar perintah agama untuk berlaku santun dan beradab pada orang lain. Padahal, saat menjalankan Pancasila, secara otomatis pasti menjadi orang yang toleran.

"Sehingga tidak berlebihan rasanya jika ada anggapan bahwa dengan menjalankan Pancasila, itu sama dengan kita beribadah sesuai ajaran agama, karena ajaran agama dan Pancasila memiliki kaitan yang sangat erat," ujar Alissa.

Untuk memelihara persatuan bangsa melalui Pancasila, agaknya perlu mewaspadai adanya framing berita atau informasi dengan tujuan tertentu. Seringkali isu kemiskinan yang terjadi di Indonesia digunakan oleh kelompok intoleran untuk menggiring persepsi publik dan memperlihatkan kegagalan Pemerintah Indonesia.

Faktanya, tidak ada hubungannya antara kemiskinan dengan intoleransi. Pemahaman yang intoleran bisa dimunculkan di mana pun dan dengan siapa pun, terlepas dari status ekonominya. Isu kemiskinan sering juga dikaitkan dengan utang negara misalnya, suka tidak suka adalah tanggung jawab bersama sebagai bangsa Indonesia. Walaupun memang tidak dipungkiri bahwa penting untuk memilih pemimpin yang tepat, supaya Indonesia bisa mengurangi beban utangnya.

"Ketika kita sudah memilih pemimpin dan perwakilan di eksekutif dan legislatif, kemudian mereka menghasilkan produk kebijakan, harus diakui bahwa itulah keputusan kita bersama. Menjadi kewajiban bersama sebagai bangsa untuk mengelola kondisi ini, dan ini bukan alasan untuk kemudian kita bersikap intoleran kepada siapa pun. Intoleransi itu tidak ada hubungannya dengan kemiskinan," kata Alissa.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)