Mengenal Arti dan Makna Lambang Garuda Pancasila

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:56 WIB
loading...
Mengenal Arti dan Makna Lambang Garuda Pancasila
Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa dilambangkan dengan Burung Garuda yang perkasa. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Arti dan makna lambang Garuda Pancasila menarik untuk diulas. Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa dilambangkan dengan Burung Garuda yang perkasa.

Lambang Garuda Pancasila berisikan kumpulan atas simbol-simbol yang memiliki makna dan arti berbeda. Berikut ini ulasannya yang bisa disimak sebagaimana diolah dari berbagai sumber, Selasa (7/5/2024).

Arti dan Makna Lambang Garuda Pancasila

1. Pemilihan Wujud Burung Garuda

Wujud burung Garuda melambangkan kekuatan. Seperti diketahui, burung Garuda ini dikenal sebagai raja dari segala burung dan biasa disebut juga dengan Burung Sakti Elang Rajawali. Kemudian, sayap pada burung Garuda juga ditampilkan membentang dan mengembang ke atas. Hal ini memiliki makna semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa Indonesia.

2. Jumlah Bulu

Lebih jauh, simbol burung Garuda ini memiliki dua sayap dengan masing-masing 17 bulu yang dimaknai sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia. Sementara bulu ekornya berjumlah 8 untuk melambangkan bulan kemerdekaan, yaitu bulan ke-8 atau Agustus.

Lalu, ada juga 19 helai bulu di pangkal ekor atau perisai dan 45 helai di bagian leher. Keduanya memiliki arti tahun kemerdekaan Indonesia, yaitu 1945. Secara keseluruhan, jumlah bulu pada simbol burung Garuda memiliki arti waktu kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

3. Kepala Burung Garuda Menoleh ke Kanan

Jika dicermati, kepala burung Garuda pada lambang tersebut menoleh ke arah kanan. Hal ini dianggap sebagai tanda kebenaran bagi Indonesia oleh orang zaman dahulu. Alasannya sederhana, kondisi tersebut didasarkan karena seringkali orang menganggap hal yang baik dan benar adalah berada di arah kanan.

4. Kaki Burung Garuda Mencengkeram

Kaki burung Garuda mencengkeram pita putih bertuliskan 'Bhinneka Tunggal Ika'. Kalimat tersebut diambil dari buku Sutasoma, karangan Mpu Tantular. 'Bhinneka Tunggal Ika' memiliki arti "berbeda-beda tetapi satu jua".

Lebih dalam, slogan ini berarti "Kesatuan dalam keberagaman, meskipun berbeda namun tetap satu". Kalimat tersebut sangat cocok untuk bangsa Indonesia yang memiliki banyak suku, agama, budaya, dan lainnya.

5. Warna Emas

Warna pokok dari burung Garuda tersebut adalah kuning emas. Warna ini melambangkan keagungan dan kemuliaan. Adapun maknanya sendiri adalah melambangkan bangsa Indonesia yang senantiasa menjunjung tinggi martabat bangsa yang bersifat agung dan luhur.

6. Perisai

Pada bagian tengah burung Garuda, terdapat simbol perisai. Hal ini menjadi perlambang pertahanan bangsa Indonesia. Kemudian, ada garis melintang yang membagi perisai menjadi ruang atas dan bawah. Hal ini melambangkan garis Khatulistiwa yang memang membelah Kepulauan Indonesia.

Perisai yang juga menjadi lambang perjuangan dan perlindungan ini terbagi atas lima bagian. Masing-masing melambangkan sila-sila dalam Pancasila.

- Bintang melambangkan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa
Bintang ini menggambarkan cahaya yang dianggap berasal dari Tuhan kepada manusia.

- Rantai emas melambangkan prinsip Kemanusiaan yang adil dan beradab
Rantai emas menyimbolkan makna Indonesia saling terkait erat dan bahu-membahu.

- Pohon Beringin melambangkan prinsip Persatuan Indonesia
Pohon beringin bermakna bahwa rakyat Indonesia dapat berteduh di bawah naungan negara. Lalu sulur dan akar yang menjalar bermakna keragaman suku bangsa Indonesia.

- Kepala Banteng melambangkan prinsip Demokrasi yang Dipimpin oleh Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Kepala banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul. Simbol tersebut menggambarkan musyawarah yang nantinya melahirkan suatu keputusan.

- Padi dan kapas melambangkan sila Keadilan Sosial bagi Rakyat Seluruh dari Indonesia
Padi dan kapas dimaknai sebagai simbol pangan dan sandang masyarakat. Artinya, Indonesia ingin mencapai kemakmuran untuk rakyat secara adil dan menyeluruh.

Demikianlah ulasan mengenai arti dan makna lambang Garuda Pancasila.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)