Sambut 1 Juni, BPIP Gandeng Content Creator Gaungkan Spirit Pancasila

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:41 WIB
loading...
Sambut 1 Juni, BPIP Gandeng Content Creator Gaungkan Spirit Pancasila
Sekretaris Utama BPIP Tonny Agung Arifianto mengajak content creator menggaungkan spirit Pancasila kepada generasi muda Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggandeng conten creator untuk menggaungkan spirit Pancasila. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Pancasila pada 1 Juni 2024.

"Kegiatan dalam rangka menyemarakkan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 ini, mari kita gotong royong membuat content-content yang kreatif, positif, dan kekinian sesuai dengan skillnya masing-masing,” ujar Sekretaris Utama BPIP Tonny Agung Arifianto saat Workshop For Your Pancasila (FYP) untuk Content Creator Jawa Timur di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (8/5/2024).

Tonny mengajak kepada content creator wilayah Jawa Timur untuk membuat content-content dengan spirit Pancasila. Dalam kesempatan itu, Tonny juga menegaskan, Pancasila sangat relevan dari zaman ke zaman, apalagi masa depan menyambut bonus demografi Indonesia Emas 2045.



"Sesuai dengan tema Hari lahir Pancasila 1 Juni 2024 yaitu Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045, maka mari buktikan bahwa kita content creator yang Pancasilais", paparnya.

Tonny juga membeberkan lima tugas BPIP dalam membantu presiden merumuskan arah kebikakan salah satunya adalah fokus kepada pembentukan karakter anak muda sebagai penerus Bangsa. "Saya berharap, kita juga sebagai content creator harus memproduksi content yang nasionalisme, berbudaya tidak hanya konsumtif dan hedon,” paparnya.



Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi Mahnan Marbawi mengatakan, kegiatan tersebut digelar dengan tujuan menguatkan ideologi Pancasila kepada anak-anak muda khususnya. "Kegiatan ini bertujuan untuk bagaimana anak-anak muda lebih mengenal, lebih menguasai, lebih mendalami, ideologi Pancasila,” ungkapnya.

Dia menyebut pendekatan yang sedang dijalankan oleh BPIP adalah pendekatan kekinian yang lebih akrab bagi dunia anak muda. Puncak dari kegiatan tersebut nantinya adalah digelarnya jambore atau kopdar untuk para content creator secara nasional pada Agustus 2024. Pesertanya dari seluruh Indonesia. “Saya berharap nanti ada wakil dari sini nih, dari Malang,” ucapnya.

Dia juga mengaku BPIP akan berupaya membawa ideologi Pancasila masuk ke dalam industri kreatif yang saat ini sangat dekat dengan dunia anak muda. "Ideologi Pancasila yang doktrinal tersebut harus diubah persepsinya sehingga dapat masuk ke mana-mana termasuk industri kreatif,” ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)