Konflik Palestina-Israel Harus Dilihat dari Perspektif Kemanusiaan

Minggu, 19 November 2023 - 22:07 WIB
loading...
A A A
Namun Abdul Rauf mengaku tidak melihat efektivitas dari tindakan sebagian pihak yang melakukan boikot produk-produk tertentu yang disinyalir punya afiliasi dengan Israel. Menurutnya, seandainya produk-produk tersebut terbukti punya afiliasi dengan Israel, tapi barang sudah masuk ke Indonesia, maka berarti sudah milik kita. Pemboikotan yang serampangan justru hanya akan merugikan warga Indonesia sendiri.

"Misalnya sebagai seorang muslim yang berdagang, saya punya minimarket atau supermarket. Seandainya umat Islam juga memboikot barang yang menjadi dagangan saya, berarti itu sebenarnya tidak memboikot Israel, dia memboikot saya dan merugikan saya. Bila diteruskan, hal itu menjadi kontraproduktif," katanya.

Menurutnya, pemboikotan paling efektif jika barang yang terafiliasi dengan Israel belum masuk ke Indonesia. Pemerintah dapat melakukan bargaining terhadap Israel, misalnya dengan mengambil sikap kalau Israel meneruskan agresinya, maka Indonesia tidak akan mau meng-import produksi dari Israel. Hal ini tentu lebih efektif ketimbang melakukan pemboikotan sporadis pada barang yang sudah terlanjur masuk Indonesia.

Jebolah Al Azhar Mesir ini mengajak semua pihak melihat konflik Palestina dan Israel dengan jernih dan komprehensif. Jangan sampai peperangan yang berkecamuk di Jalur Gaza justru secara tidak langsung berdampak negatif terhadap perekonomian Indonesia. Semua pihak tetap harus ingat bahwa sisi kemanusiaan perlu dikedepankan dalam melihat musibah peperangan Palestina-Israel.

"Sikap resmi saya, bahwa siapa pun di dunia yang melihat Palestina menjadi korban dari musibah kemanusiaan ini, pasti mendukung mereka. Siapa pun dan apa pun latar belakangnya, apalagi kalau misalnya kita bawa ke dalam ranah konsep agama Islam. Islam adalah agama yang universal, ia diturunkan untuk menjadi rahmat seluruh alam dan tidak terbatas pada dimensi ruang dan waktu," kata Abdul Rauf.

Akademisi yang aktif menyoroti dinamika politik di Timur Tengah ini berharap agar peperangan ini segera berakhir. Semua pihak yang terlibat perlu mencari jalan tengah untuk perdamaian. "Mereka harus mendahulukan kepentingan kemanusiaan di atas kepentingan sesaat dan golongannya," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)