Konflik Palestina-Israel Harus Dilihat dari Perspektif Kemanusiaan

Minggu, 19 November 2023 - 22:07 WIB
loading...
Konflik Palestina-Israel Harus Dilihat dari Perspektif Kemanusiaan
Dosen UIN Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, Abdul Rauf Amin. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Bangsa Indonesia telah menunjukkan solidaritas kemanusiaan terhadap rakyat Palestina yang menjadi korban agresi militer Israel. Semangat dalam kepedulian terhadap sesama manusia adalah lentera yang cahayanya bisa menembus batas suku, ras, bangsa dan agama. Apa pun latar belakang seseorang, tidak layak menerima penderitaan seperti yang dialami rakyat Palestina.

Dosen UIN Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, Abdul Rauf Amin menjelaskan, ada banyak cara untuk menyatakan keprihatinan, dukungan, dan solidaritas terhadap Palestina. Tentunya semua perlu melihat dan mengenali persoalan ini dari perspektif kemanusiaan.

"Mengenali tragedi ini melalui kaca mata kemanusiaan berarti kita sebagai warga negara Indonesia yang mayoritas beragama Islam, bisa menunjukkan kepeduliannya terhadap siapa pun yang menjadi korban terlepas apa pun bangsa atau agamanya," kata Abdul Rauf, Minggu (19/11/2023).



Menurutnya, seandainya bukan Palestina yang menjadi korban, tetap saja peperangan akan menewaskan manusia yang tidak berdosa, termasuk anak-anak dan perempuan. Perang tidak akan membeda-bedakan dalam membuat kerusakan, entah itu pangkalan militer, sekolah, rumah ibadah, rumah sakit, ataupun fasilitas publik lainnya.

Berbagai kerugian yang ditimbulkan oleh perang tidak lagi memiliki relasi terhadap agama saja, tapi berhubungan langsung terhadap aspek kemanusiaan.

Penulis buku Esai-Esai Maqasid Al-Syariah ini juga mengimbau, sebagai seorang muslim yang baik, umat harus memiliki kepedulian terhadap sesama manusia. Jangankan Palestina yang mayoritasnya beragama Islam, jika ada orang nonmuslim yang dipersekusi kemudian dizalimi seperti itu, seharusnya semua memberikan dukungan, baik secara moral maupun material serta dilakukan dengan cara yang tepat.

"Beberapa pihak menunjukkan keprihatinannya dengan cara melakukan unjuk rasa. Selama ini dilakukan dengan bijak, tentu tidak ada salahnya. Tetapi menurut saya, cara yang lebih efektif adalah bagaimana kita selaku negara Indonesia mengaktifkan jalur diplomasi yang kita miliki," tuturnya.



"Indonesia perlu secara aktif terus mendorong hilangnya agresi militer Israel terhadap Palestina, dan saya kira Indonesia sudah memainkan peranannya dengan cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan Kementerian Luar Negeri yang sangat lantang di PBB menyuarakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3533 seconds (0.1#10.140)