Wapres: Pemimpin Transformatif Bukan Hanya Baik tapi Lakukan Perbaikan

Rabu, 15 November 2023 - 11:15 WIB
loading...
Wapres: Pemimpin Transformatif Bukan Hanya Baik tapi Lakukan Perbaikan
Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan kriteria pemimpin Indonesia di masa depan. Seorang pemimpin transformatif bukan hanya baik tapi terus lakukan perbaikan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan kriteria pemimpin Indonesia di masa depan. Seorang pemimpin transformatif bukan hanya baik tapi terus lakukan perbaikan.

“Pemimpin transformatif, bukan hanya pemimpin yang baik, namun terus melakukan perbaikan. Bukan hanya pemimpin yang saleh namun juga muslih, demi tercapainya transformasi yang berkesinambungan,” ujar Wapres saat peresmian pembukaan Habibie Democracy Forum Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (15/11/2023).



Lebih lanjut, Wapres mengatakan pada usia ke-100 nanti, Indonesia diharapkan mampu mewujudkan visi sebagai negara Nusantara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

Namun, kata Wapres, proses menuju cita-cita mulia itu mesti didukung oleh pemerintahan yang kapabel dan demokrasi yang matang. Demokrasi yang matang adalah demokrasi yang mengedepankan ide, gagasan, dan berbasis pada nilai-nilai Pancasila.

“Pendewasaan demokrasi antara lain dilakukan dengan memberikan literasi dan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat,” jelas Wapres.



Wapres menambahkan bahwa pembangunan demokrasi juga hendaknya juga menjadi komitmen kolektif yang mampu merangkul keberagaman warga bangsa. “Dengan begitu, partisipasi aktif warga negara sebagai satu penanda kematangan demokrasi juga akan terus meningkat,” paparnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)