Fahri Hamzah Minta Menlu Investigasi Soal AS Tolak Panglima TNI

Senin, 23 Oktober 2017 - 10:50 WIB
Fahri Hamzah Minta Menlu Investigasi Soal AS Tolak Panglima TNI
Fahri Hamzah Minta Menlu Investigasi Soal AS Tolak Panglima TNI
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi melakukan investigasi lebih jauh, mengenai penolakan Amerika Serikat (AS) atas kunjungan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Walaupun, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan telah meminta maaf kepada Menlu Retno terkait penolakan AS terhadap kedatangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Sebab kata Fahri, tidak mungkin kesalahannya yang dilakukan ini teknis semata. "Kita patut mencurigai bahwa di belakang keputusan ngawur itu meski telah dikoreksi ada maksud lain yang lebih besar," kata Fahri, Senin (23/10/2017).

Kata dia, Keterangan Kedutaan besar Amerika di Jakarta terkait penolakan kepada Panglima TNI tidak boleh dianggap ringan.

"Kementerian luar negeri kita tidak boleh mudah puas atas keterangan pemerintah Amerika Serikat yang telah melakukan tindakan yang mengganggu sekali hubungan dua negara," paparnya.

Dirinya pun menganggap tidak cukup jika Kedutaan Amerika di Jakarta yang memberikan keterangan, tetapi harus pihak yang mengundang atau kementerian luar negeri Amerika Serikat yang garus bertanggungjawab atas kejadian itu.

Sebab kata dia, bangsa Indonesia adalah bangsa besar dan berdaulat tidak boleh menerima begitu saja perlakuan yang tidak punya etika kepada pejabat Indonesia. "Sikap itu harus mereka ketahui bahwa kita tidak mudah menerima," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9704 seconds (0.1#10.140)