Suhartoyo Jadi Ketua MK, Wapres Harap Tak Ada Lagi Gonjang-ganjing Putusan

Jum'at, 10 November 2023 - 07:32 WIB
loading...
Suhartoyo Jadi Ketua MK, Wapres Harap Tak Ada Lagi Gonjang-ganjing Putusan
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengharapkan Mahkamah Konstitusi (MK) semakin baik setelah terpilihnya Suhartoyo sebagai Ketua MK menggantikan Anwar Usman yang dipecat Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengharapkan Mahkamah Konstitusi (MK) semakin baik setelah terpilihnya Suhartoyo sebagai Ketua MK menggantikan Anwar Usman yang dipecat Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Wapres juga berharap ke depannya tidak ada lagi gonjang-ganjing terkait putusan MK.

“Ya, kita harapkan saja bahwa ke depan tentu MK ini akan lebih baik sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Wapres dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (10/11/2023).

Wapres mengatakan, MK sebagai lembaga peradilan, ke depan akan berhadapan dengan berbagai permohonan perkara yang penting. Untuk itu, diharapkan kinerja MK semakin baik.





“Sehingga tidak ada lagi gonjang-ganjing lagi masalah-masalah yang (terkait dengan) putusan MK yang krusial ke depan. Saya kira itu, semua kita mengharapkan itu,” ungkap Wapres.

Sementara itu, ketika menanggapi pertanyaan awak media mengenai harapan masyarakat agar MK tidak mengulang masalah yang sebelumnya, Wapres percaya bahwa MK adalah lembaga yang memiliki kredibiltas tinggi sehingga diharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

“Ya, kita serahkan pada masalah MK ya, yang penting tidak membuat kegaduhan baru, jadi lebih baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, telah dilaksanakan Rapat Permusyawaratan Hakim MK pada Kamis (9/11/2023) yang secara tertutup pada di Gedung 1 MK memutuskan Suhartoyo menjadi ketua MK untuk masa jabatan 2023 - 2028 menggantikan Anwar Usman yang melanggar kode etik.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)