Khofifah dan Mahfud MD Dinilai Paling Ideal Dampingi Ganjar Pranowo

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 18:27 WIB
loading...
Khofifah dan Mahfud MD Dinilai Paling Ideal Dampingi Ganjar Pranowo
Khofifah Indar Parawansa dan Mahfud MD dinilai berpotensi mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran Firman Manan menilai sejauh ini hanya ada dua dari lima bakal calon wakil presiden (cawapres) yang berpotensi mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Dua tokoh tersebut, kata dia, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Adapun kelima tokoh yang dimaksudnya selain Mahfud dan Khofifah adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Mantan Panglima TNI Andika Perkasa, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Menurut Firman, jika menggunakan pendekatan teritorial, maka hanya Mahfud MD dan Khofifah Indar Parawansa yang saat ini paling ideal untuk menjadi cawapres pendamping Ganjar.

"Kalau pendekatannya teritorial dan kelihatannya memang digunakan, artinya teritorial itu siapa cawapres yang bisa memberikan tambahan suara di wilayah tertentu. Nah itu yang memang menguat keliatannya adalah kalau enggak Pak Mahfud ya Mbak Khofifah," ungkap Firman saat dihubungi, Sabtu (14/10/2023).





Firman memandang PDIP sebagai partai pengusung Ganjar Pranowo berkeinginan untuk mengamankan suara di wilayah Jawa Timur yang dikenal sebagai basis Nahdlatul Ulama (NU). Terlebih, dari pengalaman pilpres sebelumnya pun, PDIP selalu mencari sosok yang berasal dari kalangan NU.

"PDIP kalau kita lihat memasangkan kandidat dari PDIP itu beberapa pilpres itu kan dengan figur berasal dari NU, sekarang dengan kiai Ma'ruf sebelumnya Pak Jokowi dengan Pak JK, sebelumnya Bu Mega pernah juga dengan dulu ada Ketua PBNU ya jadi memang pola seperti itu," paparnya.

Namun, jika melihat dari partai pendukung, kata Firman, sosok Sandiaga Uno pun memiliki peluang untuk diusung sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

"Tetapi kalau misalnya melihat sisi partai pendukung, kalau dari partai pendukung kan yang paling awal menyatakan bergabung itu adalah PPP sehingga memang masih ada peluang di situ adalah Mas Sandiaga Uno sebetulnya," ungkapnya.

Firman menilai, Sandiaga Uno memiliki keunggulan dalam konteks figur generasi muda. "Jadi kelebihan Mas Sandiaga Uno itu kan dalam konteks tadi figur muda sebetulnya, jadi sebenarnya kalau bicara caruk milenial dan Gen Z itu bisa masuk di sana," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)