Cegah Terorisme, Menhan 3 Negara Teken Kerja Sama Patroli Maritim

Rabu, 21 Juni 2017 - 13:52 WIB
Cegah Terorisme, Menhan 3 Negara Teken Kerja Sama Patroli Maritim
Cegah Terorisme, Menhan 3 Negara Teken Kerja Sama Patroli Maritim
A A A
JAKARTA - Terorisme menjadi ancaman di setiap negara. Untuk meminimalisasi ancaman berbahaya ini, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menandatangani perjanjian trilateral antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina, dalam patroli maritim terkoordinasi atau disebut Trilateral Maritime Patrol Indomalphi.

Kegiatan trilateral ini diteken oleh Ryamizard bersama Menhan Malaysia Dato Sri Hishammuddin Tun Hussein dan Menhan Filipina Delvin Lorenzana di Tarakan, Kalimantan Utara, pada Senin 19 Juni 2017.

Peresmian ditandai dengan demonstrasi Indomalphi Quick Response, Sailing Pass yang melibatkan kapal perang dari ketiga negara dan flying pass.

Ryamizard kepada SINDOnews mengatakan, Trilateral Maritime Patril ini menjadi tonggak bersejarah untuk meningkatkan persatuan di negara-negara Asia Tenggara dalam mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan.

"Kita ingin mencegah agar daerah perairan di Asia Tenggara ini tidak jadi ajang teror seperti bajak laut di Somalia," kata Ryamizard, Rabu (21/6/2017).

(Baca juga: Antisipasi ISIS Filipina, Wiranto Sebut Tak Perlu Status Siaga Satu)

Selain itu, kata purnawirawan bintang empat ini, kerja sama ini juga bisa menangkal masuknya kelompok teror global ISIS. Seperti diketahui, saat ini pemerintah Filipina sedang gencar menghadapi perang melawan kelompok simpatisan ISIS di Marawi.

"Kerja sama ini sangat diperlukan dan diperluas, bukan saja pada operasi laut, juga di darat dan udara, serta melibatkan negara ASEAN lainnya," sambung Ryamizard.

Pasalnya, untuk menghadapi ancaman faktual teror global dan ISIS, diperlukan persatuan bagi negara-negara ASEAN. Sebagai kawasan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus tumbuh, ASEAN wajib untuk terus meningkatkan stabilitas keamanannya, agar bisa mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Kerja sama ini bisa memberikan manfaat optimal bagi ketiga negara dan keamanan kawasan ASEAN," tandas Ryamizard.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5076 seconds (0.1#10.140)