Tuah Presiden Jokowi Jadikan Erick Thohir Cawapres Unggulan Pilpres 2024

Sabtu, 23 September 2023 - 02:04 WIB
loading...
Tuah Presiden Jokowi Jadikan Erick Thohir Cawapres Unggulan Pilpres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai mempunyai peluang besar diusung maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai mempunyai peluang besar diusung maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024. Melesatnya tren elektabilitas Erick menjadi satu keunggulan yang semakin dikuatkan dengan hadirnya dukungan kuat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tingkat elektabilitas kuat Erick terlihat dari hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023. Erick begitu kokoh berada di puncak elektabilitas teratas unggul dari sejumlah kandidat cawapres lain pada simulasi 7 nama cawapres.



Posisi Erick berada di peringkat pertama dengan mendapatkan dukungan sebesar 21,2 persen. Mengungguli mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mendapat 19,6 persen dan Menparekraf Sandiaga Uno dengan angka 17,5 persen.

“Kalau dilihat tentu ada peran Pak Jokowi yang sangat membantu Erick dalam hal elektabilitas,” ujar Pengamat Politik Citra Institute Efriza, Kamis (21/9/2023).

Menurut dia, hubungan Erick dengan Presiden Jokowi mampu menciptakan dampak elektoral sangat signifikan. Apalagi lewat sejumlah tugas khusus yang diberikan Jokowi semakin menguatkan Erick sebagai sosok cawapres andalan.

Penugasan khusus dari Jokowi sukses Erick jawab dengan hasil pencapaian gemilang. Mulai dari menghadirkan transformasi di BUMN, menjadi Ketua Penanganan Pandemi Covid-19, hingga penyelamatan sepak bola Indonesia dari sanksi berat FIFA.

Berbagai capaian demikian kian menjadikan Erick figur cawapres potensial pada Pilpres 2024. Anggota Kehormatan Banser Nahdlatul Ulama (NU) ini bahkan sejak awal pemerintahan sudah menjadi menteri andalan Jokowi. “Presiden Jokowi dengan Erick itu lebih sering (satu agenda bersama),” tambahnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)