Perwira Tinggi Bergelar CSFA: Mantan Ajudan Jokowi, Loper Koran, hingga Anak Petani

Kamis, 14 September 2023 - 06:01 WIB
loading...
A A A

1. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo

Perwira Tinggi Bergelar CSFA: Mantan Ajudan Jokowi, Loper Koran, hingga Anak Petani

Foto: Dok BPK

Gelar profesi Certified State Finance Auditor (CSFA) diberikan BPK kepada Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Markas Besar TNI Angkatan Udara pada Selasa, 12 April 2022. Penyerahan sertifikat saat itu dilaksanakan secara langsung oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna dan Anggota I BPK/ Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Hendra Susanto usai pemaparan orasi makalah oleh keduanya.

“Penyerahan CSFA recognition program ini adalah bentuk konkret dari penguatan pertahanan udara yang inheren di dalamnya ada upaya peningkatan kapasitas tata kelola keuangan negara yang tidak hanya perlu transparan dan akuntabel, tetapi juga perlu memiliki budaya sadar risiko,” ujar Agung Firman Sampurna dikutip dari laman resmi BPK.

Dalam kesempatan itu, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo melalui orasinya menegaskan bahwa pengelolaan anggaran negara dalam upaya transformasi TNI AU untuk mewujudkan kekuatan udara harus didasarkan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Dia pun menekankan perlunya dibangun struktur organisasi yang lebih gesit, efektif namun tetap efisien untuk menghadapi tuntutan dan tantangan tugas TNI AU yang semakin kompleks.

Marsekal TNI Fadjar Prasetyo merupakan KSAU ke-23 menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang pensiun pada Juni 2020. Pria kelahiran Jakarta, 9 April 1966 ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988.

2. Marsekal Muda TNI R Agung Handoko

Perwira Tinggi Bergelar CSFA: Mantan Ajudan Jokowi, Loper Koran, hingga Anak Petani

Foto: Dok BPK

Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah 20 Februari 1966 malang melintang di Korps Polisi Militer TNI ini menjabat Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI. Dia merupakan lulusan terbaik AAU 1988 dan meraih penghargaan Adhi Makayasa.

Nah, gelar profesi Certified State Finance Auditor (CSFA) diterima Agung Handoko saat menjabat Inspektur Jenderal TNI AU (Irjenau). CSFA itu diterimanya di Markas Besar TNI Angkatan Udara pada Selasa, 12 April 2022.

Saat itu, dalam orasinya Agung Handoko menjelaskan bahwa peran dan fungsi Inspektorat selaku APIP di TNI AU dalam upaya peningkatan kinerja satuan diwujudkan dalam aktivitas pengawasan internal melalui kegiatan audit, reviu, evaluasi, dan pengawasan lainnya.

Dijelaskan beberapa langkah strategis juga akan dilaksanakan untuk mewujudkan Inspektorat Jenderal TNI AU yang efektif dalam melakukan pengawasan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah demi mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2909 seconds (0.1#10.140)