Agus Hadiri HUT Kopassus, Rapat DPR-KPK Ditunda Nanti Malam

Senin, 17 April 2017 - 11:25 WIB
Agus Hadiri HUT Kopassus, Rapat DPR-KPK Ditunda Nanti Malam
Agus Hadiri HUT Kopassus, Rapat DPR-KPK Ditunda Nanti Malam
A A A
JAKARTA - Rapat dengar pendapat Komisi III DPR dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang semula dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB ditunda menjadi pukul 19.30 WIB.

Penundaan itu dilakukan karena Ketua KPK Agus Rahardjo menghadiri HUT Kopassus di Bandung, Jawa Barat hari ini. Alhasil, hanya empat pimpinan KPK yang hadir di DPR, yakni Basaria Panjaitan, ‎Alexander Marwata, L‎aode Muhammad Syarif dan S‎aut Situmorang.

‎Wakil Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman selaku pemimpin rapat meminta penjelasan KPK mengenai ketidakhadiran Agus Rahardjo.

Menjawab pertanyaan Benny, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan meminta maaf. "Karena yang bersangkutan (Agus Rahardjo-red) ada acara undangan ulang tahun Kopassus di Bandung, Situ Lembang," kata Basaria di Ruang Rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/4/2017).

Namun, kata dia, pimpinan KPK telah bersepakat untuk tetap menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Komisi III DPR. Namun, Benny tetap menginginkan rapat itu diundur hingga dihadiri lengkap oleh semua pimpinan KPK.

"Di Bandung kan bisa naik pesawat, " katanya.

Menurut dia, jika acara HUT Kopassus pagi hari maka Agus Rahardjo bisa tiba di Gedung DPR pukul 14.00 WIB. "Jam 14.00 WIB kita mulai. Kalau jam 14.00 WIB belum tiba, kita rapat malam," ungkap Benny.

Menurut dia, untuk menjaga tradisi bahwa selama ini rapat Komisi III dengan KPK dihadiri lengkap para pemimpin lembaga antikorupsi itu.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengusulkan agar rapat itu ditunda hingga beberapa hari ke depan. Sebab, mereka belum bisa menjamin Agus Rahardjo bisa menghadiri rapat di DPR hari ini. "Kalau hari ini kayaknya untuk diharapkan agak kurang bisa," kata Laode dalam kesempatan sama.

Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mengusulkan agar rapat itu ditunda hingga pukul 16.00 WIB nanti. Namun, akhirnya Benny Kabur Harman mengetuk palu, memutuskan bahwa rapat diskors hingga pukul 19.30 WIB nanti. "Rapat kita skors sampai pukul 19.30 WIB," kata Benny.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6382 seconds (0.1#10.140)