Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari Masa ke Masa, Nomor 1 Jenderal Polisi Rendah Hati

Sabtu, 02 September 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Umar Septono termasuk yang memiliki karier cemerlang. Polisi kelahiran Purbalingga, 13 September 1962 ini mengawali kariernya di Polres Cirebon. Setelah menjadi Pamapta dan Staf Serse, Umar ditunjuk menjabat Kapolsek Ciwaringin, Kapolsek Arjawinangun, Kapolsek Losari, dan Kapolsek Palimanan.

Lulusan PTIK 1994 ini kemudian berkarier di luar Jawa antara lain di Polresta Bandar Lampung, Polwil Bengkulu, Poltabes Palembang, Polda Sumsel, dan Polda Bali. Umar akhirnya dipercaya menjadi Kapolres Asahan pada 2022, kemudian Kapoltabes Padang (2005), dan Wakapolda Bengkulu (2010).

Pada 2015, Umar Septono ditunjuk menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Dua tahun kemudian menjadi Kepala Korsabhara Baharkam Polri. Lalu dipercaya menjadi Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Wairwasum Polri, dan Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri sebelum pensiun pada 2020.

2. Irjen Pol (Purn) Drs Sudjarno, SH

Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari Masa ke Masa, Nomor 1 Jenderal Polisi Rendah Hati

FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE TRIBRATA TV

Irjen Pol (Purn) Sudjarno juga masuk dalam deretan Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari masa ke masa. Abituren Akabri bagian Kepolisian 1984 ini mengemban jabatan itu pada periode 16 November 2017–2 Agustus 2019.

Sudjarno dilantik menjadi Kepala Korsabhara Baharkam Polri oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian (saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri/Mendagri) pada 29 November 2017. Polisi kelahiran Lumajang, 9 Juli 1961 itu menggantikan Umar Septono.

Dalam riwayatnya, Sudjarno pernah mengemban sejumlah jabatan strategis. Antara lain penyidik utama Pusprovos Divpropam Polri, Kabid Propam Polda Jabar, Kasubdit Pamwisata Dit Pamobsus Babinkam Polri, dan Kepala Pusat Studi Manajemen Keamanan Dit Jianbang Sespim Polri.

Selanjutnya, Sudjarno ditunjuk menjadi Karo Ops Polda Metro Jaya, Karoprovos Divpropam Polri, Wakapolda Metro Jaya, dan Karobinopsnal Baharkam Polri. Ia kemudian ditugaskan menjadi Kapolda Lampung pada 2016. Setahun kemudian Sudjarno dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri sebelum akhirnya menjabat Kepala Korsabhara Baharkam Polri pada 2017.

Setelah pensiun dari Kepolisian pada 2019, Sudjarno sempat aktif di sepak bola. Dia ditunjuk menjadi Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Sudjarno sempat dipercaya menjadi Plt Direktur Utama PT LIB sebelum akhirnya kembali ke posisi awal sebagai Direktur Operasional PT LIB. Namun pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Juni 2023, Sudjarno tidak lagi menjabat direksi PT LIB. Dia digantikan Asep Saputra.

3. Irjen Pol Drs Bambang Ghiri Arianto, SH, MBA

Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari Masa ke Masa, Nomor 1 Jenderal Polisi Rendah Hati

FOTO/DOK.PUSKEU POLRI

Nama Irjen Pol Bambang Ghiri Arianto masuk dalam deretan Kepala Korsabhara Baharkam dari masa ke masa. Ia mengemban jabatan itu 2 Agustus 2019-1 Mei 2020.

Bambang Ghiri Arianto resmi menjabat Kepala Korsabhara Baharkam menggantikan Sudjarno. Sertijab dilakukan di Lapangan Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, pada 2 September 2019. Waktu itu, sertijab dipimpin oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Condro Kirono.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0698 seconds (0.1#10.140)