Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari Masa ke Masa, Nomor 1 Jenderal Polisi Rendah Hati

Sabtu, 02 September 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Sertijab didasarkan Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor KEP/1425/VIII/2019 tanggal 2 Agustus 2019 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Sebelumnya, Irjen Pol Bambang Ghiri Arianto menjabat sebagai Kapuskeu Polri.

Bambang mengawali karier di Polri sebagai Perwira Pertama Polres Situbondo pada 1986. Selanjutnya ia menjabat Kasatlantas Polres Situbondo, Kasatlantas Polres Jember, Kapusdopal Ops Polres Lampung Selatan, Kapusdopal Ops Polres Bungo Tebo, Jambi; dan Wakapolres Krinci.

Selanjutnya Bambang ditarik ke pusat menjadi Kasi Wasdana Subdisdal Mabes Polri, Kabidku I Pusku Mabes Polri, Ses Puskeu Mabes Polri, Kepala Pusat Keuangan Mabes Polri, dan Kepala Korsabhara Baharkam Polri.

Setelah pensiun, Bambang Ghiri Arianto bersama Mayjen TNI (Purn) Agung Risdhianto mendirikan Panara Course (PT Pendidikan Abdi Negara), lembaga pendidikan dan pelatihan atau bimbingan belajar yang fokus memberi pembekalan untuk seleksi masuk TNI-Polri.

4. Irjen Pol (Purn) Drs Wahyudi Hidayat

Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari Masa ke Masa, Nomor 1 Jenderal Polisi Rendah Hati

FOTO/IST

Deretan Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari masa ke masa selanjutnya adalah Irjen Pol (Purn) Wahyudi Hidayat. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1986 ini menduduki jabatan itu cukup singkat dari 1 Mei hingga 16 November 2020.

Wahyudi Hidayat resmi menjabat Kepala Korsabhara Baharkam Polri menggantikan Bambang Ghiri Arianto yang memasuki usia pensiun. Sertijab dilakukan di Lobi Utama Gedung Baharkam Polri pada 8 Mei 2020.

Dalam riwayatnya, polisi kelahiran Kediri, 6 April 1963 ini pernah duduki jabatan strategis di Kepolisian. Antara lain Wakapolres Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2020; Pabandya Binkar Bagian SDM Korps Brimob; Kasat Brimob Polda Kalsel; Kapolres Tapin Polda Kalsel; Kasat Brimob POlda Kaltim; Kasat Brimob Polda Jateng; Kabag Pers Korbrimob Polri; Kabag Ops Korbrimob Polri.

Selanjutnya Wahyudi dimutasi menjadi Irbidjemen Opsnal Itwil IV Itwasum; Irwasda Polda Jatim; Dirpolsatwa Korsp Sabhara Baharkam; Dirpamobvit Korps Sabhara Baharkam; dan Kepala Korsp Sabhara Baharkam. Sebelum pensiun, ia menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

5. Irjen Pol Drs Nanang Avianto

Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari Masa ke Masa, Nomor 1 Jenderal Polisi Rendah Hati

FOTO/DOK.POLRI

Jenderal polisi bintang 2 selanjutnya yang pernah menjabat sebagai Kepala Korsabhara Baharkam Polri adalah Irjen Pol Nanang Avianto. Abituren Akpol 1990 ini mengembang jabatan itu pada periode 16 November 2020–31 Oktober 2021.

Saat ini Nanang Avianto menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah. Di bawah pimpinannya, Polda Kalteng meraih predikat terbaik pertama penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) untuk jajaran Polda se-Indonesia 2022 yang digelar Kementerian Keuangan (Kemenkeu).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)