Merdeka dari Polusi Udara

Rabu, 30 Agustus 2023 - 05:18 WIB
loading...
A A A
Apakah masalah selesai? Tentu saja tidak, dan bahkan kepekatan polusi tidak berkurang signifikan. Membebaskan masyarakat dari polusi udara jauh lebih sulit dari memerdekakan dari penjajahan sebuah bangsa. Karena ia melawan dirinya. "Penjajah Baru" ini dilahirkan dari diri warganya yang berharap selalu menikmati kehidupannya dengan kendaraannya.

Mengubah Mind Set

Pembebasan dari jenis penjajahan polusi di atas tidak akan pernah berhasil tanpa disertai dengan perubahan "mind set" warganya yang diikuti dengan perubahan perilaku kehidupannya. Perubahan "mind set" tidak akan pernah terjadi jika pola pendidikan yang ada saat ini tidak ada perubahan. Karena, implementasi pendidikan sampai saat ini belum serius menumbuhkan kesadaran dan kepedulian (awareness skill). Bahkan, justru yang diperkuat malahan kesadaran kebekerjaan.

Model-model pendidikan yang komitmen dalam membangunkan kesadaran warganya harus digalakkan. Paradigma critical thinking (berpikir kritis) dalam lembaga pendidkan formal harus terus ditanamkan. Paulo Freire, seorang kritikus pendidikan sering mengingatkan bahwa pendidikan jangan sampai "mengabdi" kepada kapital. Artinya, pendidikan agar tidak diorientasikan pada dunia kerja atau yang bersifat material lainnya.

Dave Meier, seorang ahli pendidikan supercamp mengingatkan bahwa belajar harus mampu menumbuhkan peserta didik cinta dan bahagia terhadap ilmu pengetahuan. Seorang filosof muslim seperti Imam Al Ghazali mengingatkan bahwa hakikat pendidikan adalah untuk menemukan jati dirinya sebagai manusia sehingga ia dengan mudah dapat menggapai derajat kemanusiaan yang paripurna (insan kamil). Rumusan kebijakan pendidikan di atas lah yang seyogyanya dipikirkan lebih serius. Namun disayangkan, rujukan ilmuwan di atas nyaris tidak pernah dijadikan landasan.

Kurikulum Merdeka yang Menjanjikan

Mulai akhir tahun 2019 pemerintah menggagas kurikulum alternatif, yang selanjutnya dikenal dengan sebutan kurikulum merdeka berparadigma merdeka belajar - merdeka mengajar. Dengan mengadopsi spirit konsep pendidikan ala Ki Hadjar Dewantara, penyelenggaraan pendidikan ditingkatkan "dosis" keseriusannya. Apakah periode sebelumnya dipandang "tidak serius"? Tidaklah juga demikian, hanya saja aksentuasinya saja yang kurang tepat.

Kurikulum merdeka yang mendorong agar para pendidik memiliki "kemerdekaan" dalam mengajar, sedangkan siswa "merdeka" dalam belajar, memiliki harapan akan terjadi perubahan pola pikir yang fundamental. Jangan dipahami kata "merdeka" di sini identik dengan kebebasan bertindak, tapi merdeka karena mengajar atau belajar karena memang menjadi kebutuhan dasar aspek kemanusiaannya. Seyogyanya sebuah pendidikan itu mampu menyadarkan "siapa dirinya". Sebab dia adalah manusia yang menempati alam yang rapuh (fana), yang jika kita tidak menjaganya akan mempercepat kerusakannya.
(hdr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3705 seconds (0.1#10.140)