Tumbuh Bersama Negara ASEAN

Senin, 28 Agustus 2023 - 18:49 WIB
loading...
A A A
Oleh sebab itu, berbagai negara di ASEAN berupaya membangun dan menguatkan jaringan persetujuan penghindaran pajak berganda (P3B) intra kawasan melalui Multilateral Convention to Implement Tax Treaty Related Measures to Prevent BEPS (BEPS ML).

Ke depan, berbagai negara di ASEAN perlu berupaya untuk memperbaiki implementasi pertukaran informasi perpajakan sesuai dengan standar internasional dan meningkatkan kemudahan layanan administrasi perpajakan bagi investor dengan mendorong implementasi sistem online dalam pengajuan keringanan pajak dan restitusi pajak.

Selain itu, berbagai negara ASEAN perlu melakukan menemukan solusi bersama dalam mengatasi tantangan pajak yang timbul dari digitalisasi ekonomi, serta perkembangan penerapan perpajakan atas aset kripto dan pajak karbon di berbagai negara di dunia.

Sebagai negara tetangga, negara anggota ASEAN harus berdiri bersama dengan semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan dan stabilitas di tengah kondisi global yang masih dibayangi dengan ketidakpastian di tengah tekanan geopolitik global yang diperkirakan memburuk.

Oleh karenanya, negara anggota ASEAN harus memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam menghadapI berbagai tantangan ke depan. Termasuk kerjasama dalam kebijakan jangka panjang seperti, dana infrastruktur dan transisi energi untuk memperkuat perekonomian di ASEAN di masa mendatang. Semoga.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)