Di Depan Warga Muhammadiyah, Jokowi Janji Terapkan Ekonomi Berkeadilan

Jum'at, 24 Februari 2017 - 14:10 WIB
Di Depan Warga Muhammadiyah, Jokowi Janji Terapkan Ekonomi Berkeadilan
Di Depan Warga Muhammadiyah, Jokowi Janji Terapkan Ekonomi Berkeadilan
A A A
MALUKU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka sidang Tanwir tahun 2017 organisasi Islam Pengurus Pusat‎ Muhammadiyah di Islamic Center, Ambon, Maluku, Jumat (24/2/2017).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku berjanji bahwa untuk mewujudkan pemerataan ekonomi, pemerintah di tahun 2017 ini akan menerapkan ekonomi yang berkeadilan.

‎"Yang pada tahapan awal, kita akan fokus pada tiga sektor penting, yaitu pertama di reformasi agraria dan distribusi aset. Ini urusan lahan‎," tutur Jokowi dalam sambutannya.

Berikutnya tahap kedua, kata Jokowi, pemerintah akan memberikan kepuasan di bidang akses keuangan dan akses permodalan. Yang ketiga adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia.

Menyoal reformasi agraria dan distribusi aset, pemerintah menilai banyak masyarakat yang secara individu memiliki ratusan hektar tanah, sementara kalangan petani dan buruh tani hanya memiliki sedikit tanah yang menjadi modal mereka.

Maka itu, pemerintah dalam hal reformasi agraria akan memberikan sertifikasi tanah kepada masyarakat, termasuk tanah adat untuk dimanfaatkan dan dikelola sebagai sumber perekonomian.

"Dari data yang kita miliki, sekarang ini ada 106 juta bidang tanah yang bersertifikat baru 46 juta. Separuh lebih belum bersertifikat. Artinya rakyat menduduki sebuah lahan tetapi status hukumnya tidak ada," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8515 seconds (0.1#10.140)