Mengenal Baju Adat Tanimbar, Pakaian yang Digunakan Jokowi saat Sidang Tahunan MPR 2023

Rabu, 16 Agustus 2023 - 15:33 WIB
loading...
A A A
- Kemeja: Bagian atas baju adat ini umumnya berupa kemeja dengan potongan dan desain khas. Kemeja tersebut bisa memiliki hiasan bordir, manik-manik, atau aplikasi yang memberikan keunikan pada tampilan keseluruhan.

- Selendang: Selendang yang digunakan bisa diikatkan di pinggang atau di bahu. Selendang ini tidak hanya berfungsi sebagai aksesori, tetapi juga memiliki makna sosial dan budaya dalam masyarakat Tanimbar.

Setiap elemen dalam baju adat Tanimbar memiliki makna dan simbolisme yang dalam, mencerminkan kearifan lokal dan pandangan dunia masyarakat Tanimbar.

Corak dan warna yang diaplikasikan pada kain tenun sering kali merepresentasikan alam, binatang, tanaman, dan aspek kehidupan sehari-hari. Ini adalah bentuk komunikasi visual yang menghubungkan pemakainya dengan alam dan lingkungannya.

Saat Presiden Jokowi memilih mengenakan baju adat Tanimbar pada Sidang Tahunan MPR RI 2023, ia secara tak langsung memberikan penghormatan kepada keberagaman budaya Indonesia dan mengangkat budaya-budaya lokal ke tingkat nasional.

Dalam konteks acara resmi seperti Sidang Tahunan MPR RI, pilihan Jokowi untuk mengenakan baju adat Tanimbar juga merupakan bentuk diplomasi budaya yang dapat memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia internasional.

Itulah ulasan untuk mengenal baju adat Tanimbar, pakaian yang digunakan Jokowi saat Sidang Tahunan MPR RI 2023. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2338 seconds (0.1#10.140)