Mencetak Generasi Unggul Berkarakter lewat Transformasi Digital

Senin, 14 Agustus 2023 - 22:09 WIB
loading...
Mencetak Generasi Unggul Berkarakter lewat Transformasi Digital
Transformasi digital bergerak pesat, sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Semua lini pun terdampak, Senin (14/8/2023). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Transformasi digital bergerak pesat, sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Semua lini pun terdampak, tak terkecuali dalam dunia proses belajar mengajar.

Ketua Umum Yayasan BPK Penabur, Adri Lazuardi mengatakan, peran teknologi saat ini menjadi semakin penting. Difasilitasi dengan e-learning, video conference, dan beragam aplikasi interaktif, hal ini meningkatkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan interaktivitas yang lebih baik dan efektif.

"Transformasi digital mempengaruhi berbagai aspek, mulai dari kurikulum, metode pembelajaran, hingga pengelolaan administrasi. Untuk itu, penting memiliki strategi terencana dan berkelanjutan dalam menghadapinya," kata Adri Lazuardi dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).
Mencetak Generasi Unggul Berkarakter lewat Transformasi Digital

Ketua BPK Penabur Jakarta, Kenny Lim mengungkapkan, pihaknya pun kemudian melakukan pengembangan bertajuk Penabur Digital Learning (PDL) yang berfokus pada produksi materi pembelajaran digital.

"PDL dirancang untuk membantu siswa belajar dari mana dan kapan saja dengan materi berkualitas. PDL menjadi sarana peningkatan kemampuan mengajar guru pada masa transformasi digital," ungkapnya.

Kenny menambahkan, bagi guru yang terbiasa mengajar siswa di dalam kelas, memberikan materi melalui video merupakan sebuah tantangan. "Karenanya itu, memberikan pembekalan secara berkesinambungan," tambahnya.

Sejalan dengan itu, Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan BPK Penabur Jakarta mengarahkan siswa untuk memanfaatkan teknologi dengan bijak, seperti belajar melalui platform PDL.

"Kami juga memberikan pembelajaran Digital Quotient (DQ) World dan Digital License (DL), harapannya agar siswa aman dan nyaman dalam menggunakan teknologi," ujar Kumalasari.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)