Paradoks Anggaran dan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Senin, 07 Agustus 2023 - 08:43 WIB
loading...
A A A
World Bank menemukan paling tidak ada empat aspek masalah yaitu kewenangan pemerintah pusat dan daerah, kualitas guru yang belum memadai, akuntabilitas yang rendah dan kualitas monitoring evaluasi yang belum optimal. Dari studi tersebut, permasalahan yang paling menonjol adalah adanya disparitas kualitas pendidikan antar daerah dan rendahnya kualitas guru.

Kualitas pengajar merupakan salah satu hambatan terbesar dalam meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia. Masih banyak pengajar yang tidak memiliki pendidikan dan pengalaman yang memadai.

Hal ini karena peranan guru tidak hanya dalam pembelajaran tetapi juga harus memiliki keterampilan tinggi dan kepribadian yang dapat dipercaya dalam peroses belajar mengajar. Oleh sebab itu, diperlukan program pengembangan profesionalisme guru yang berkesinambungan dan komprehensif agar para guru dapat mengajar secara efektif dan memberikan pengalaman belajar yang berkualitas kepada para siswa.

Selain kualitas guru, infrastruktur juga merupakan faktor penting. Infrastruktur pendidikan yang baik akan meningkatkan pengalaman belajar siswa. Akses siswa ke fasilitas sekolah yang layak dan aman merupakan komponen penting dari infrastruktur pendidikan.

Pasalnya, masih banyak sekolah yang tidak memiliki fasilitas yang memadai. Bahkan, beberapa sekolah masih menghadapi masalah dengan akses terhadap air bersih dan sanitasi yang memadai.

Selain standar guru dan infrastruktur, kurikulum juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang mutakhir dan relevan akan membantu siswa untuk bersaing dalam skala global. Oleh karenanya, kurikulum yang ada saat ini perlu dievaluasi dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan dunia kerja.

Selanjutnya, dukungan dari berbagai pihak pun sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Artinya, kompleksitas permasalahan pendidikan di Indonesia bisa dijawab dengan sinergi antara lain Kemendikbudristek sebagai pemegang kebijakan pendidikan dengan seluruh pemda, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat.

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah suatu tanggung jawab bersama agar tercapainya pendidikan yang bermutu dan berkualitas dan tercapainya pendidikan yang efektif dan efisien.

Seyogyanya, peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia sangat bisa dilakukan mengingat anggaran pendidikan yang cukup besar dialokasikan dalam APBN dan terus meningkat tiap tahunnya. pekerjaan rumah Pemerintah saat ini adalah mencari formula tepat dalam penggunaan anggaran yang cukup besar untuk bisa dialokasikan melalui program-program yang tepat sehingga mampu mewujudkan kualitas pendidikan yang diharapkan.

Di samping pengalokasian untuk program-program yang tepat, hal yang sangat penting juga adalah bagaimana program-program yang sudah dianggarkan dan direncanakan tersebut dapat dilaksanakan secara konsisten. Anggaran yang cukup, program-program yang tepat, dan pelaksanaan yang konsisten adalah modal bagi pemerintah untuk meningkakan kualitas pendidikan kita. Semoga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)