Warisan Roemah Indonesia Mulai Dibangun di Beijing

Rabu, 19 Juli 2023 - 13:15 WIB
loading...
Warisan Roemah Indonesia Mulai Dibangun di Beijing
Peletakan batu pertama Warisan Roemah Indonesia di Beijing, China pada Senin (17/7/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Warisan Roemah Indonesia mulai dibangun di Beijing, China pada awal pekan ini. Nantinya tempat ini menjadi Indonesia promotion hub yang berfungsi sebagai tempat promosi UMKM, pembelajaran budaya Indonesia bagi masyarakat China, hingga tempat berkumpul dan berkarya warga negara Indonesia (WNI) di Beijing.

Tak hanya itu, di Warisan Roemah Indonesia juga akan ada restoran dan kafe khas Indonesia. Diharapkan masarakat dan pelaku bisnis di China bisa melihat dan merasakan langsung budaya dan produk Indonesia.

Wakil Duta Besar Indonesia untuk China, Dino R Kusnadi mengapresiasi berdirinya Warisan Roemah Indonesia di Beijing. "Melalui Warisan Roemah Indonesia ini diharapkan masarakat RRT dapat mendapatkan informasi yang positif mengenai Indonesia, termasuk pariwisata dan budaya Indonesia serta semakin meningkatkan people-to-people contact antara RI-RRT," kata Dino R Kusnadi dalam sambutanya syukuran dimulainya pembangunan Warisan Roemah Indonesia di Beijing dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (19/7/2023).

Dino juga berharap Warisan Roemah Indonesia di Beijing bisa menjadi tempat sinergi diaspora Indonesia bersama KBRI dan kantor perwakilan Bank Indonesia di Beijing.

Warisan Roemah Indonesia digagas oleh tiga WNI yang sudah lama berbisnis di China, yakni Vini Liang, Gandhi Priambodo, dan William Yosanto. Ketiganya memandang diperlukan sebuah hub agar produk-produk Indonesia lebih banyak lagi masuk ke pasar China dan masyarakat Tiongkok lebih paham lagi tentang keragaman budaya Indonesia. Selama ini belum ada Indonesia promotion hub di China yang menggabungkan unsur rumah makan, kafe, workshop, dan promosi.

"Proyek Warisan Roemah Indonesia dimulai dengan visi membangun tempat unik bernuansa Indonesia. Ini akan menjadi tempat promosi budaya Indonesia yang di dalamnya ada promosi kuliner, seni budaya, fashion, pariwisata, peluang investasi, perdagangan dengan menggabungkan lewat workshop dan kegiatan yang melibatkan masyarakat kedua negara di Beijing," kata Vini Liang.

Kantor Perwakilan BI di Beijing juga berharap kolaborasi dengan Warisan Roemah Indonesia di Beijing bisa bersama-sama mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia yang masuk pasar China. Bank Indonesia akan memasang produk-produk UMKM di rak display promosi Warisan Roemah Indonesia. BI juga mendukung Warisan Roemah Indonesia dengan media TV besar yang nantinya akan dipasang video produk UMKM bank Indonesia juga video promosi pariwisata Indonesia.

Setelah dilakukan penanaman pohon, perwakilan Warisan Roemah Indonesia menandatangani MoU kerja sama dengan Kantor Atase Pendidikan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Beijing. Menurut Atdikbud KBRI Beijing Yudil Chatim, Warisan Roemah Indonesia merupakan realisasi salah satu program Atdikbud dalam hal promosi budaya Indonesia di luar negeri melalui Rumah Budaya Indonesia. Unsur Academic Business Govt Community Media (ABGCTM) dapat menjadi satu-kesatuan dalam meningkatkan program Atdikbud, khususnya program Rumah Budaya Indonesia di luar negeri.

"Dengan adanya kerja sama ini, maka dapat juga membantu pemda-pemda di Indonesia mempromosikan kekayaan budaya dan pariwisata di daerahnya. Caranya memberikan alat peraga budaya dari masing-masing daerah ke Rumah Budaya Indonesia di Beijing yaitu Warisan Roemah Indonesia," kata Yudil.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)