Art(ificial) Generations, Disrupsi di Dunia Seni Visual oleh Platform AI Generatif

Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:46 WIB
loading...
A A A
Meskipun diserang sedemikian rupa, Reshi sependapat bahwa seniman seharusnya dilibatkan dalam proyek pengembangan AI. Dia mengatakan bahwa bakat, skill, kerja keras dan pencapaian para seniman harus dihormati. Alice and Sparkle masih bisa ditemukan di katalog Amazon dengan rating 3.6 dan dipenuhi banyak hujatan.

Sementara itu founder MidJourney, David Holz, berkilah bahwa hanya sedikit gambar yang di-generate dari MidJourney dipergunakan untuk kepentingan komersial, hampir semuanya untuk personal. Dia menambahkan, bahwa data untuk semua sistem AI diperoleh dari ‘secara luas mengambil data di internet’, dan kebanyakan data dalam model Midjourney hanyalah ‘foto-foto saja’. Pernyatan yang jelas akan semakin mempertajam perdebatan.

Bagaimanapun, harus ada skema yang adil agar pemanfaatan AI di masa depan tidak sampai harus melukai satu atau bahkan banyak pihak. Sebagai teknologi yang masih sangat muda, polemik ini sebenarnya sangat bisa dimaklumi.

Youtube membutuhkan beberapa tahun untuk membereskan masalah copyright sebelum bisnisnya mature seperti saat ini. Namun, tidak berlebihan jika upaya untuk me-regulasi AI ini dipercepat. Kita tidak bisa meremehkan begitu saja statement Elon Musk, “AI is far more dangerous than nukes!”
(poe)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)