Art(ificial) Generations, Disrupsi di Dunia Seni Visual oleh Platform AI Generatif

Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:46 WIB
loading...
A A A
Siapa yang Bermain?
Menurut data dari International Data Corporation (IDC), nilai pasar teknologi AI (Artificial Intelligence) global, baik untuk perangkat keras maupun lunak, pada 2021 tercatat sebesar USD383 miliar. Naik 20,7% dibanding tahun sebelumnya. Nilai ini diperkirakan akan terus berkembang dan akan tumbuh signifikan di masa mendatang.

Saat ini kita sedang menyaksikan tahap awal sebuah stack teknologi muncul dalam AI generatif. Ratusan start-up baru berlomba-lomba masuk ke pasar untuk mengembangkan aneka model dasar, membangun aplikasi berbasis AI, termasuk mengembangkan infrastruktur/ peralatan yang mendukung teknologi ini.

Setidaknya ada tiga kelompok yang potensial ‘bermain’ dalam bisnis besar AI, yaitu:
1. Aplikasi dan Perangkat Lunak, yang mengintegrasikan model AI generatif ke dalam user-facing product. Bisa sebagai aplikasi end-to-end yang mandiri, maupun bergantung pada API pihak ketiga.

2. Infrastruktur dan Perangkat Keras, yang disediakan oleh cloud platform dan pabrikan perangkat keras, yang menjalankan beban kerja pelatihan dan inferensi untuk model AI generatif.

3. Model, yang menjadi ‘nyawa’ produk AI. Tersedia baik sebagai API proprietary atau sebagai checkpoint untuk open-source (yang pada gilirannya memerlukan solusi hosting).

Art(ificial) Generations, Disrupsi di Dunia Seni Visual oleh Platform AI Generatif


Perangkat lunak menyumbang 89% dari nilai pasar teknologi AI global yang terus tumbuh saat ini, atau mencapai senilai USD340 miliar. Dari seluruh perangkat lunak yang termasuk, aplikasi AI mewakili hampir setengahnya.

Dari kategori aplikasi AI tersebut, aplikasi AI untuk Customer Relationsip Management (CRM) dan aplikasi AI Enterprise Resource Management (ERM) masing-masing menyumbang 16%, selebihnya tersebar pada jenis aplikasi yang lain.

Nilai pasar teknologi AI global yang meningkat pun menjadi berkah bagi penyedia layanan cloud. Sebab, 47,3% dari pembelian perangkat lunak AI pada 2021 diterapkan di layanan public cloud.

Sementara perangkat keras AI menjadi segmen pasar teknologi AI terkecil (USD18,8 miliar). Meskipun demikian, segmen tersebut memiliki pertumbuhan tercepat (38,8%) dari tahun ke tahun.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0780 seconds (0.1#10.140)