Muhammadiyah Lebaran Idulfitri Hari Ini, Muhadjir: Rayakan dengan Biasa-biasa Saja

Jum'at, 21 April 2023 - 11:02 WIB
loading...
Muhammadiyah Lebaran Idulfitri Hari Ini, Muhadjir: Rayakan dengan Biasa-biasa Saja
Warga Muhammadiyah melaksanakan salat idulfitri di Lapangan Cipayung, Depok, Jumat (21/4/2023) pagi. Foto: MPI/Erfan
A A A
JAKARTA - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengajak warga Muhammadiyah merayakan Hari Raya Idulfitri dengan tidak vulgar. Hal ini menyikapi imbauan Komisi VIII DPR RI agar masyarakat yang merayakan Lebaran lebih awal tidak melaksanakannya dengan vulgar.

"Iya, semuanya tidak perlu vulgar. Tidak hanya Muhammadiyah, semua umat Islam tidak usah menonjolkan menyambut hari kemenangan. Siapa yang menang belum tentu ibadah Ramadan dengan baik," ujar Muhadjir Effendy, Jumat (21/4/2023).



Untuk itu, ia mengimbau agar seluruh umat Islam melaksanakan Idulfitri dengan rendah hati dan gembira. "Saya kira tidak hanya Muhammadiyah, tapi semua umat muslim. Tidak usah menikmati kemenangan seolah menang benar, wong kita belum tentu ibadah Ramadan benar juga," terangnya.

Lebih lanjut, Muhadjir meminta semua pihak untuk instrospeksi diri sebelum melabelkan hal tertentu kepada pihak lainnya. "Biasa-biasa saja, tapi yang penting kita sudah melaksanakan ibadah dengan baik, dengan khusuk, kita berserah kepada Allah, kepada Tuhan," lanjut Muhadjir.



Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari ini, Jumat 21 April 2023. Warga Muhammadiyah di berbagai daerah Indonesia pagi tadi telah melaksanakan salat idulfitri.

Sebelumnya, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi meminta agar warga Muhammadiyah yang merayakan Idul Fitri lebih dulu pada 21 April 2023, agar tidak makan dan minum disembarang tempat.

Hal tersebut untuk menghormati masyarakat yang masih berpuasa atau baru akan berlebaran pada Sabtu 22 April 2023.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)