Profil Karmin Suharna, Jenderal Bintang 2 TNI yang Memiliki Kiprah di Luar Negeri

Sabtu, 15 April 2023 - 08:04 WIB
loading...
Profil Karmin Suharna, Jenderal Bintang 2 TNI yang Memiliki Kiprah di Luar Negeri
Karmin Suharna merupakan salah satu putra terbaik TNI yang pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Staf pada misi UNAMID. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Karmin Suharna merupakan salah satu putra terbaik TNI yang pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Staf pada misi UNAMID. Misi tersebut bertugas untuk menjaga perdamaian yang diselenggarakan secara bersama oleh Uni Afrika dan PBB .

Menjabat sebagai kepala staf merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Di mana Karmin akan menjadi supervisor dari seluruh staf yang ada di UNAMID serta harus memberikan saran dan keputusan yang tepat.

Mengutip dari laman tni.mil.id, selain menduduki jabatan itu, Mayor Jenderal Karmin juga pernah merangkap jabatan dengan mendapatkan sebuah kehormatan dan amanah untuk melaksanakan tugas sebagai Force Commander sementara.


Profil Karmin Suharna

Karmin Suharna merupakan mantan perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang pensiun dari dunia militer pada 28 Desember 2022. Untuk jabatan terakhir dari jenderal yang satu ini adalah sebagai Asisten Teritorial Kasad.

Pria kelahiran 11 Desember 1964 ini mempunyai karier militer yang cemerlang. Sudah banyak jabatan yang pernah diembannya, mulai dari jabatan militer di dalam negeri hingga banyak berkiprah di luar negeri.

Karmin mengawali kariernya sebagai Danton III Ki-D Yonif 744 Satya Yudha Bhakti yang kemudian dilanjutkan dengan menjadi Dankima Yonif 741 dan Dankima Yonif 741.

Ketika pangkatnya naik menjadi Kapten, Karmin sudah mulai ditugaskan ke luar negeri dengan menjadi Military Observer di misi PBB UNTAES (Former Yugoslavia) di tahun 1995-1997.

Bersamaan dengan kenaikan pangkat mayornya, lulusan Akmil tahun 1998 ini pernah menjabat sebagai Kasdim 0609/Kab Bandung Rem 062/T, Gumil Gol V Dep Staf Pusdik, Kadep NIK Pusdikif Kodiklat dan Kabag BM C Dirbinsen Pussenif pada tahun 2005.

Kemudian ketika dirinya berpangkat letnan kolonel, Karmin kembali ditugaskan keluar negeri sebagai Dansektor Military Observer Sector 6 di misi MONUC (Congo) pada tahun 2004 - 2005.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)