Ramadan dan Kebangkitan Roh

Rabu, 12 April 2023 - 11:09 WIB
loading...
A A A
Puasa inilah salah satu cara menekan dominasi jasad dan upaya membangkitkan kekuatan roh. Ramadan adalah bulan yang secara khusus dipersiapkan oleh Allah untuk memenangkan roh dari pergulatannya dengan jasad. Sebab di samping wajib berpuasa, selama Ramadan kaum beriman juga dianjurkan untuk berzikir, beriktikaf di masjid, memperbanyak salat sunat dan menghindari seluruh kegiatan duniawi.

Ramadan inilah bulan kebangkitan roh. Bulan kemenangan hakiki manusia. Melalui Ramadan, roh manusia secara periodik diberi ruang untuk tumbuh kembang secara maksimal. Pada 10 pekan pertama sebagai hari-hari merontokkan toksin jahat jasad, lalu 10 hari kedua sebagai pemulihan sel-sel tubuh yang rontok karena puasa.

Selebihnya 10 hari ketiga adalah masa-masa bagaimana roh bangkit dari segala kemampuan batiniahnya. Pada fase inilah manusia bisa bertemu lailatul qadar, yaitu malam istimewa. Malam yang mampu mempertemukan frekuensi Tuhan dengan manusia sehingga segeralah menyongsong hari kemenangan roh, Idulfitri. Hari di mana tubuh kembali suci karena roh tampil sebagai pemenang pertarungan.

(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)