Michael Sianipar Dorong Partisipasi Anak Muda dalam Pemilu 2024

Selasa, 14 Maret 2023 - 19:42 WIB
loading...
Michael Sianipar Dorong Partisipasi Anak Muda dalam Pemilu 2024
Ketua DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital Michael Sianipar melihat ada tantangan dengan banyaknya jumlah pemilih pemuda dalam Pemilu 2024. Foto/MPI/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital Michael Sianipar melihat ada tantangan dengan banyaknya jumlah pemilih pemuda dalam Pemilu 2024 . Michael mengatakan, pemuda akhirnya menjadi komoditas politik atau tokenism.

“Forum harus ada anak muda, partai politik harus ada jubir milenial agar dekat dengan pemuda. Tapi, apakah substansi benar-benar ada,” kata Michael dalam konferensi ilmu sosial dan ilmu politik bertajuk “Demokrasi, Anak Muda, dan Pemilu 2024" di Gedung Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2023).

Dia mengatakan, pemuda harus diberikan ruang untuk mengadvokasikan dari dalam. “Ini tergantung pada pemangku kebijakan yang bisa mengambil keputusan mendorong partisipasi anak muda dalam pesta demokrasi 2024," jelas Michael.





Politik yang inklusif sangat penting untuk diperhatikan dalam perpolitikan Indonesia. Direktur Institut Sarinah Eva Kusuma Sundari merasa Indonesia masih anti terhadap women leadership.

“Di antara negara ASEAN, yang open minded dan pro kepada women leadership ini justru Thailand, sedangkan Indonesia anti. Perempuan yang mau nyaleg dan menjadi pemimpin menghadapi tantangan yang makin berat di tempat ini,” kata Eva.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas memastikan bahwa ke depannya kualitas demokrasi akan meningkat dengan sistem digital yang secara bertahap bisa dirasakan rakyat. Hal ini merupakan bagian dari upaya Menteri PAN-RB untuk mendorong birokrasi yang lebih lincah.

Ke depan, arah dan preferensi pemilih muda terhadap kontestasi politik elektoral sangat mendesak untuk diperhatikan, termasuk sikap dan dukungan dari pemilih muda terhadap demokrasi dan isu-isu politik, representasi pemilih muda dalam parpol, serta literasi politik pemilih muda dalam kaitannya dengan partisipasi digital dan disinformasi.

Demografi pemilih Indonesia menjelang Pemilu 2024 dinilai mengalami perubahan. Proporsi pemilih muda dengan kelompok usia 17-39 tahun diprediksi akan mendekati 60 persen. Partisipasi pemuda dalam pesta demokrasi 2024 menjadi hal yang perlu diperhatikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)