Sinergitas Kominfo-LHK Bukti Pemerintah Serius Cegah Karhutla

Jum'at, 17 Juli 2020 - 20:43 WIB
loading...
Sinergitas Kominfo-LHK Bukti Pemerintah Serius Cegah Karhutla
Menteri Komuniksi dan Informatika (Kemenkominfo) Jhonny Gerard Plate, Foto/FMB9 Kementerian Kominfo
A A A
JAKARTA - Sinergitas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) merupakan orkestrasi komunikasi yang membuktikan pemerintah serius dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Sinergitas itu membuktikan pencegahan karhutla dengan serius dan penuh tanggung jawab oleh pemerintah," ujar Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate disampaikan dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk Antisipasi Karhutla di Pusaran Pandemik yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Dia mengatakan, upaya yang telah dilakukan Kementerian LHK dalam pencegahan karhutla harus diketahui masyarakat luas. Peran Kominfo yang akan membantu menyebarkan pesan itu kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan kebakaran.

Selanjutnya, dengan penyebaran pesan yang masif akan membuat masyarakat yang berada di wilayah rawan akan ikut berpatisipasi aktif. Dengan ikut turun tangan langsung dalam menjaga lingkungannya agar terhindar dari kebakaran.

"Jangan sampai kerja besar tidak dilihat sebagai usaha yang luar biasa untuk mengkomunikasi sekaligus mengajak serta masyarakat untuk terlibat," kata Johnny.( )

Menkominfo menambahkan, peran aktif keduanya sangat diperlukan saat ini, mengingat penyebaran Covid-19 masih ada di tengah masyarakat. Kedua instansi pemerintah ini berusaha keras meredam karhutla dengan menyebarkan pesan tentang pencegahan kebakaran.

Sesuai pesan Presiden Joko Widodo, karhutla harus ditangani tanpa harus melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Instansi tersebut sedang fokus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia.

"Jangan sampai terjadi double kill akibat karhutla dan Covid-19. Maka ini kita tekankan betul," katanya.

Ikut hadir sebagai narasumber Diskusi Media FMB9 Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jhonny Gerard Plate dan Menteri Lingkungan dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3795 seconds (0.1#10.140)