Peneliti Senior BRIN: Mekanisme UKK Bisa Hasilkan Caleg Berkualitas untuk PKB

Jum'at, 03 Maret 2023 - 18:48 WIB
loading...
Peneliti Senior BRIN: Mekanisme UKK Bisa Hasilkan Caleg Berkualitas untuk PKB
Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Lili Romli memuji Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yang digelar DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yang digelar Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) patut mendapatkan acungan jempol. Pasalnya, dengan menggelar UKK, PKB bisa memperoleh bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang berkualitas dan memiliki basis massa.

"Saya kira melalui mekanisme UKK, PKB bisa memperoleh bacaleg yang berkualitas dan memiliki basis massa yang riil," ujar Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Lili Romli, Jumat (3/3/2022).



Lili yang didapuk menjadi penguji UKK dari kalangan eksternal berharap mekanisme UKK terus dilaksanakan pada priode-priode mendatang. Dengan begitu, kata dia, PKB akan mengetahui visi-misi setiap bacaleg dengan jelas.

"Saya menguji lima orang, ada yang cukup bagus, dan ada yang belum jelas strategi, visi, misinya. Makanya, saya bilang UKK ini penting untuk dilaksanakan agar mendapatkan bacaleg yang memahami visi-misi partai," tuturnya.

Lili juga berharap partai lain mau menduplikasi mekanisme UKK yang dijalankan PKB untuk mengindentifikasi track record bacaleg yang akan diusung partai.



"Dengan menggelar UKK kita bisa tahu track record masing-masing bacaleg. Untuk menjadi anggota DPR RI, setiap Bacaleg harus mengetahui visi, misi partai yang akan mengusungnya. Kalau tidak mengetahui visi, misi, partai bagaimana bisa berjuang untuk kepentingan rakyat," kata dia.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)