Seni Mengelola Emosi

Senin, 27 Februari 2023 - 07:58 WIB
loading...
A A A
Hal yang selanjutnya penting kita waspadai bahwa emosi negatif dapat merangsang munculnya virus penyakit. Dalam buku ini diungkapkan, banyak penelitian medis yang telah membuktikan bahwa erat kaitannya antara sifat suka marah terhadap kesehatan seseorang. Mulai dari darah tinggi, jantung, hingga stroke, semuanya adalah konsekuensi logis dari orang yang gampang tersulut emosinya.

Dampak negatif marah terhadap jantung adalah sebuah fakta yang tidak bisa dibantah lagi. Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa pria yang bertemperamen keras lebih sering mengalami sakit jantung dini dibanding pria yang lebih kalem.

Studi yang melibatkan lebih dari seribu responden ini juga mengungkapkan fakta bahwa orang yang selalu dalam situasi marah, mudah tersinggung, dan tertekan akan cenderung mengalami peningkatan risiko gangguan jantung sampai tiga kali lipat (halaman 56).

Sementara itu, Dr Elaine Eaker, pimpinan peneliti dan presiden Eaker Epidemiology Enterprises, mengemukakan bahwa marah dapat membantu percepatan pembuatan atrial fibrillation yang berpengaruh pada percepatan denyut jantung. Atrial fibrillation inilah yang dapat memicu timbulnya stroke karena dua rahang dalam jantung menjadi kewalahan memompa darah keluar (halaman 57).

Kesimpulannya, mengelola emosi dengan baik dan bijak harus diupayakan oleh setiap orang. Mengendalikan emosi, sebagaimana dipaparkan Coky Aditya Z, tidak berarti menekan emosi yang Anda alami ke dalam alam bawah sadar, yaitu dengan mengabaikan atau menganggap emosi tersebut tidak ada.

Anda harus mengakui keberadaan emosi-emosi yang ada dalam hati tanpa harus mengekspresikannya begitu saja. Anda perlu mengekspresikan emosi dengan cara yang dapat diterima oleh hati, akal, dan lingkungan tempat Anda hidup. Sebagai penutup, buku genre psikologi ini sangat layak dibaca dan semoga dapat membantu para pembaca dalam mengelola emosi secara bijaksana.

Judul Buku : Seni Sederhana Menaklukkan Negative Vibes

Penulis : Coky Aditya Z.

Penerbit : Noktah

Cetakan : I, 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)