Beban Ganda Kesehatan Masyarakat

Senin, 13 Februari 2023 - 14:11 WIB
loading...
A A A
Akan tetapi, juga harus dingat bahwa selain penyakit, program kesehatan juga dipengaruhi aspek lain, yaitusocial determinant of health, antara lain karena perilaku , perubahan pola demografi, aspek sosio budaya dan bahkan sisi ekonomi dan politik.

Patut diingat bahwa program kesehatan bukanlah hanya mengobati orang sakit. Justru yang lebih penting adalah menjaga mereka yang sehat tetap dalam keadaan sehat, tegasnya adalah konsep “Paradigma Sehat”.

Dalam konteks ini kita kenal istilah promotif preventif yang lebih bersifat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya penyakit. Ini harus berjalan seiring dengan konsep kuratif rehabilitatif yang bertujuan mengobati dan menangani mereka yang sudah sakit dan atau cacat.

Kegiatan promotif-preventif ini harus benar-benar diimplementasikan secara nyata di lapangan. Apabila ada masalah penyakit katastrofik misalnya, maka pengedaliannya tentu bukan hanya dengan membangun rumah sakit spesialistik, tetapi juga kegiatan di lapangan untuktuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)