CHO dan Tugas Menjaga Kebahagiaan Karyawan di Era Gig Economy

Jum'at, 13 Januari 2023 - 10:39 WIB
4. Menciptakan lapangan kerja positif

Dengan situasi kerja membahagiakan, karyawan merasa dirinya bekerja adalah sarana untuk bersenang-senang. Bukan hanya terkait tuntutan gaji yang meningkat dari tahun ketiga. Tujuan utama CHO menjadikan kantor sebagai rumah kedua karyawan.

5. Menguatkan kerja sama tim

Membangun kerja sama tim merupakan budaya positif dari sebuah perusahaan sehingga setiap karyawannya merasa bahagia bekerja di sana. Untuk ini, CHO bisa mengatur kegiatan team building, family gathering, dan aktivitas lain yang membangun semangat tim.

6. Memberdayakan karyawan

Semakin seorang karyawan berdaya dan merasa penting untuk perusahaan dan terlibat banyak dalam setiap proses pekerjaan, maka mereka semakin memiliki sense of belonging terhadap pekerjaan dan perusahaan. Misalnya, dalam proses perekrutan karyawan baru, karyawan boleh berpendapat dan mengemukakan pandangannya.

Seorang CHO harus kreatif dan inovatif, apalagi jika ia berada di perusahaan besar dengan karakteristik karyawan begitu beragam, baik dari varian usia maupun latar belakang lainnya. Setiap orang punya sumber dan cara meraih kebahagiaan yang berbeda.

Untuk itu, perlu dipikirkan acara-acara yang bisa menimbulkan kebahagiaan secara massal. Misalnya memutar musik penuh semangat di kantor, memancing bersama, olahraga bersama, dan lain-lain.

Situasi dalam kantor pun sebaiknya dibuat menyenangkan. Ada sarana olahraga ringan seperti tenis meja, futsal, dan berbagai klub sesuai kegemaran karyawan, misalnya zumba, yoga, pilates, pound fit, dan lain-lain. Jika karyawan bahagia, ekuivalen dengan waktu kerja atau masa pengabdian karyawan lebih lama di suatu perusahaan.

Menjadi bahagia itu penting. Tak hanya di perusahaan, tapi juga di komunitas lebih besar. Riset tentang Negara Paling Bahagia di dunia punya parameter utama, yakni keterjangkauan dan ketersediaan kebutuhan dasar, tingkat keamanan, serta kepercayaan pemerintah bersih dari korupsi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More