Deretan Dokter Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Nomor 5 Merawat Bung Karno

Rabu, 09 November 2022 - 12:17 WIB
Bukan hanya merawat dan mendampingi Soekarno, Moh Hatta, serta para tokoh bangsa yang tergabung dalam BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), HR Soeharto juga turut berjuang dengan turun ke masyarakat.

Dengan keahliannya sebagai dokter, ia mengobati para pejuang yang menderita sakit atau cacat akibat perang melawan penjajah Belanda dan Jepang.

Lahir di Tegalgondo, Wonosari, Klaten, Jawa Tengah pada 24 Desember 1908, HR Soeharto menimba ilmu kedokteran di Sekolah Tinggi Kedokteran Jakarta (STK) pada Fakultas Medica Bataviensis. Ia kuliah di fakultas tersebut hingga meraih gelar doktor pada 1937.



Dokter Soeharto juga ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air. Dia antara lain ikut pembangunan Department Store Sarinah, Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, pembangunan Rumah Sakit Jakarta. Dia juga salah seorang pendiri Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Beberapa jabatan dalam pemerintahan pernah dia emban, di antaranya Menteri Koordinator Urusan Perencanaan Pembangunan Nasional (1963-1966), Menteri Urusan Penerbitan Bank dan Modal Swasta (1963-1964), dan Menteri Perdagangan (1962-1963). Dokter Soeharto wafat pada 30 November 2000 di Jakarta.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(zik)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More