4 Tingkatan Gerakan Pramuka Berdasarkan Umur, Nomor Terakhir Memiliki Kematangan Jiwa

Sabtu, 03 September 2022 - 19:42 WIB
3. Pramuka Penegak



Anggota Pramuka Penegak berusia 16-20 tahun. Secara umum usia tersebut masuk pada masa sosial atau yang biasa disebut juga masa remaja awal yaitu, masa pencarian jati diri, memiliki semangat yang kuat. Kepenegakkan merupakan latihan ke arah kemandirian dan tidak menjadi beban orang lain, persaudaraan bakti, mendidik diri sendiri dengan menambah kecakapan sebagai bekal pengabdian yang berguna bagi masyarakat, memiliki ciri hidup dengan berpedoman Trisatya dan Dasadarma. Tingkatan Pramuka Penegak terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu Penegak Bantara dan Penegak Laksana.

4. Pramuka Pandega



Pramuka Pandega merupakan anggota yang berusia 21-25 tahun yang disebut Senior Rover. Seorang Pramuka Pandega disebut sebagai remaja madya yang berproses ke arah kematangan jiwa dan kesadaran diri untuk memperjuangkan dan meraih cita-cita. Pergerakan golongan Pandega ini pergerakan pelopor bakti yang secara filosofis sebagai penggerak pembangunan dan perubahan ke arah pembaharuan dalam menegakkan dan mengisi kemerdekaan bangsa.

Kepandegaan merupakan persiapan terakhir mencapai tujuan gerakan pramuka menjadi warga negara berjiwa Pancasila, setiap kepada NKRI serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun bangsa dan Negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, alam lingkungam, baik lokal, nasional, maupun internasional.

Sementara bagi anggota Pramuka yang berusia di luar tingkatan disebut anggota dewasa. Demikianlah penjelasan 4 tingkatan Gerakan Pramuka berdasarkan umur. Semoga bermanfaat.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More