4 Tingkatan Gerakan Pramuka Berdasarkan Umur, Nomor Terakhir Memiliki Kematangan Jiwa

Sabtu, 03 September 2022 - 19:42 WIB
8. Satuan terpisah antara putra dan putri;

Tingkatan Gerakan Pramuka:

1. Pramuka Siaga



Pramuka Siaga merupakan tingkatan pertama dalam Gerakan Pramuka. Anggota dalam tingkatan ini memiliki usia mulai dari 7-10 tahun. Tingkatan ini disebut Siaga, karena namanya diambil dari istilah yang merujuk pada perjuangan bangsa Indonesia, ketika seluruh rakyatnya menyiagakan diri untuk mencapai kemerdekaan dengan pembentukan organisasi pada 1908 yang diberi nama Boedi Oetomo.

Satuan terkecil yang ada pada tingkatan Siaga disebut dengan nama Barung. Kumpulan dari beberapa Barung tersebut kemudian diberi nama Perindukan. Satu Barung memiliki anggota tingkatan Siaga sebanyak 5-10 orang yang terdiri atas pemimpin dan anggota. Pemimpin Barung utama disebut dengan Sulung serta menjadi pemimpin perindukan. Tingkatan Siaga ini juga terdiri dari tiga tingkatan yaitu, Mula, Bantu, dan Tata.

2. Pramuka Penggalang



Pramuka Penggalang memiliki anggota dengan rentang usia 11-15 tahun. Istilah Penggalang merujuk pada penggalangan perjuangan rakyat Indonesia untuk mempersatukan diri supaya mencapai kemerdekaan dalam peristiwa bersejarah yang bernama Sumpah Pemuda.

Satuan terkecil dalam tingkatan Pramuka Penggalang disebut dengan nama Regu. Satuan beberapa Regu disebut dengan Pasukan. Satu Regu terdiri atas 5-10 anggota Pramuka Penggalang. Setiap regu penggalang dipimpin seorang Pemimpin Regu atau Pinru. Para Pemimpin Regu memiliki Pemimpin Regu Utama yang dikenal dengan nama Pratama. Seperti halnya Pramuka Siaga, tingkatan Pramuka Penggalang terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu Penggalang Ramu, Rakit, dan Terap.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More