Mendongkrak Kepercayaan Pekerja

Senin, 22 Agustus 2022 - 10:03 WIB
Hal itu seiring dengan teori pembelajaran sosial, Albert Bandura (1977), yang menekankan pentingnya mengamati, mencontoh, dan meniru perilaku, sikap, dan reaksi emosional orang lain. Teori pembelajaran sosial ini mempertimbangkan faktor lingkungan dan kognitif saling berinteraksi untuk mempengaruhi pembelajaran dan perilaku manusia.

Kedua teori tersebut dapat menjadi strategi terkait bagaimana kita menyasar komunitas tertentu, utamanya untuk BPU. Tentu saja, untuk untuk menyasarnya perlu disesuaikan dengan lingkungan komunitas secara geografis dan mata pencaharian seperti nelayan, petani, atau pekerja rentan baik di perdesaan maupun perkotaan. Program sosialisasi dan publikasi harus dikemas agar mudah dipahami dan menjadi bahasa sehari-hari mereka. Strategi komunikasi ini harus dilakukan secara masif dan dilakukan secara kontinu.

Agar didapatkan satu pemahaman utuh terkait Jamsostek ini, dibutuhkan upaya yang kuat serta biaya tidak sedikit. Maka, perlu strategi dan komitmen kuat dari jajaran direksi. Namun, akan menjadi lebih mudah apabila melibatkan stakeholdersdari berbagai institusi (Pentahelix) sepertigovernmentdi pusat dan daerah agar memberikan penguatan bagi masyarakat, bisnis atau dunia usaha dalam meningkatkan tanggung jawabnya terhadap pekerja secara lebih adil.

Demikian pula dengan komunitas seperti serikat pekerja, agar mereka lebihawaredan termotivasi untuk menjadi peserta. Selain itu peran akademisi juga penting karena mereka bertanggung jawab membekali mahasiswa sebagai calon pekerja terkait. Di sini mereka bisa menyampaikan arti penting Jamsostek serta pemikiran-pemikiran yang memberikan kontribusi pada pengembangan Jamsostek. Sedangkan untuk media, perannya sangat penting karena mereka adalah pembawa pesan yang sangat strategis untuk mensosialisasikan arti pentingnya Jamsostek.

Dukungan yang penuh dari berbagaistakeholderini,diharapkan mampu mengakselerasi tingkat pemahaman, kesadaran, dan literasi publik atau pekerja dan pada akhirnya berdampak kepada terwujudnyauniversal coveragesecara menyeluruh bagi pekerja di Indonesia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ynt)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More