Lomba Inovasi Daerah New Normal Kemendagri Tuai Apresiasi

Selasa, 23 Juni 2020 - 19:28 WIB
Lomba tatanan adaptasi baru Kemendagri ini meliputi tujuh sektor kehidupan, yaitu pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi umum, tempat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Irfaan menilai, sayembara ini berkat kecerdikan Mendagri Tito Karnavian. Dana insentif daerah memang disediakan oleh Kemenkeu guna membantu stimulus ekonomi setiap tahun. Namun dana insentif tersebut dimodifikasi oleh Tito Karnavian untuk memacu kepala daerah

"Pak Tito orang cerdas dan berintegritas. Dalam hal sayembara ini, Kemendagri tetap melibatkan instansi seperti BPK dan DPRD dalam pengawasan dan mengutamakan prinsip tranparansi serta akuntabilitas," ungkap Irfaan.

Peran Pemda menjadi sangat penting, karena 548 Pemda tingkat I provinsi, dan tingat II kabupaten/kota bersentuhan langsung dengan masyarakat masing-masing. Oleh karena itu, Kemendagri bersama dengan Kemenkeu, Kemenkes, Gugus Tugas Covid-19, KemenPAN-RB, Kemenparekraf, Kemendag, dan BNPP berinisiatif membuat lomba antar daerah untuk membuat protokol kesehatan Covid-19.

Selain piagam penghargaan, para pemenang mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID). Untuk pemenang pertama, setiap kategori dan setiap klaster daerah diberikan DID sebesar Rp3 Milliar, pemenang kedua sebanyak Rp2 Milliar, dan pemenang ketiga Rp1 Milliar.

Sehingga total 84 pemenang terdiri atas juara 1, 2, dan 3, pada 7 Sektor dan 4 klaster yakni Rp168 Miliar. Uang tersebut berasal dari Kementerian Keuangan dan ditransfer sebagai insentif untuk tambahan APBD daerah pemenang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More