Menjulangkan Rekognisi, Mewujudkan Kampus Moderasi

Sabtu, 19 Februari 2022 - 09:54 WIB
Pertama, konsolidasi akademik. Hal ini diwujudkan dalam orkestrasi perwujudan pembelajaran berkualitas, jejaring komunitas akademik global (international outlook), peningkatan kinerja publikasi (buku, artikel, jurnal), diskusi/seminar/kolokium/konferensi, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelbagai kegiatan lainnya yang memberi kontribusi keilmuan kepada publik.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) sebagai penghubung logika keilmuan, melakukan akselarasi dalam mewujudkan kampus sebagai globally recognized research university. Momentum kebangkitan publikasi ilmiah ditandai dengan meningkatnya performa jurnal yang sudah menggunakan Open Journal Systems (OJS) sebanyak 38 jurnal.

Beberapa jurnal telah terakreditasi dan sebagian lainnya dalam proses pengajuan. Tahun 2022-2023, akan lahir dan tumbuh panen raya kesuburan intelektualisme di kampus UIN KHAS Jember.

Kedua, konsolidasi administrasi dan manajemen. Hal itu ditandai dengan pola memperkuat sumber daya manusia (SDM), membangun kepercayaan (trust), dan etos kerja keras (hard working) yang tumbuh secara kolektif.

Dalam manajemen organisasi, kerja cerdas menjadi salah satu kunci di dalamnya. Ketiga, konsolidasi pengembangan kelembagaan dan kerjasa sama, termasuk pengembangan kemahasiswaan. Penataan di pelbagai aspek diwujudkan dengan ritme dan pola yang sama yakni untuk meningkatkan daya saing. Konsolidasi itu digaungkan dengan tujuan membawa kampus UIN KHAS Jember dapat berdiri sejajar dengan universitas besar lainnya di Indonesia.

Tentu, pelbagai konsolidasi itu didasarkan atas pembacaan pada perkembangan mutakhir yang meniscayakan penyesuaian terhadap apa yang disebut oleh Nian Can Liu, Yan Wu, dan Qi Wang sebagai global trends and institutional models dalam buku yang diterbitkan Brill berjudul World-Class Universities (2021), atau Mia Adams (2019) yang menyebut global trends in higher education dengan segala model dan perangkatnya.

Momentum dies natalis yang ke-56 UIN KHAS Jember menjadi titik pangkal kekuatan kolektif untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan yaitu “menjadi Universitas Islam terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2030 dengan kedalaman Ilmu berbasis kearifan lokal untuk kemanusiaan dan peradaban”.

Karena itu, penting untuk mengjulangkan rekognisi dengan memperkuat reputasi, sebagaimana yang diungkap John Niland (2000), “…For universities, world-class standing is built on reputation and perception often seen as subjective and uncertain–and it requires outstanding performance in many events. Performa menjadi titik kunci dalam langkah akselarasi kemajuan.

Kampus Moderasi

Saat ini, tantangan yang dihadapi oleh UIN KHAS Jember, terletak pada adaptabilitas untuk mengintegrasikan pelbagai kajian keilmuan dalam dialektika segitiga yaitu tradisi teks (hadharah al-nash), tradisi akademik-ilmiah (hadharah al-ilm), dan tradisi etik-kritis (hadharah al-falsafah). Perluasan mandat menjadi UIN meniscayakan untuk memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta proses integrasi keilmuan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More