LSI Denny JA: Mayoritas Ormas Islam Anggap Agama dan Politik Tak Bisa Dipisahkan

Selasa, 19 September 2023 - 15:14 WIB
loading...
LSI Denny JA: Mayoritas Ormas Islam Anggap Agama dan Politik Tak Bisa Dipisahkan
Direktur SIGI-LSI Denny JA, Ardian Sopa memaparkan hasil survei LSI Denny JA tentang Ormas Islam, Partai Islam, dan Pilihan Capres, Selasa (19/9/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Lebih dari 60% dari populasi Indonesia menyatakan diri sebagai bagian dari dua organisasi kemasyarakatan ( ormas) Islam , Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Namun sebagian besar menyatakan tidak setuju dengan ideologi syariat Islam.

Hal ini terungkap dalam hasil survei LSI Denny JA berjudul Ormas Islam, Partai Islam, dan Pilihan Capres yang dirilis, Selasa (19/9/2023). Direktur SIGI-LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan, survei ini melibatkan 1.200 responden. Dari jumlah itu, 56,9% menyatakan merasa bagian dari NU; 5,7% bagian dari Muhammadiyah; dan 3,0% menyatakan merasa bagian dari ormas Islam lainnya. Sedangkan 33,8% menyatakan tidak merasa bagian dari ormas Islam manapun.

"Yang merasa bagian dari NU, sebesar 82,9% menyatakan kurang setuju/tidak setuju sama sekali dengan ideologi syariat Islam. Yang merasa bagian dari Muhammadiyah menyatakan kurang setuju/tidak setuju sama sekali sebesar 82,5%," kata Ardian Sopa dalam rilis surveinya, Selasa (19/9/2023).



Jawaban yang sama juga disampaikan 76,2% responden yang merasa dari ormas Islam lain. Begitu juga yang merasa bukan bagian dari ormas Islam, sebanyak 79,7% menyatakan kurang setuju/tidak setuju sama sekali dengan ideologi syariat Islam.

Pada bagian lain, mayoritas responden menganggap agama dan politik adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sebanyak 54% dari yang merasa NU menyatakan agama dan politik tidak bisa dipisahkan, adapun 39,4% menganggap agama harus terpisah dari politik, dan 6,6% mengaku tidak tahu/tidak jawab.

Di ormas Muhammadiyah juga sama, sebanyak 67,5% menyatakan agama dan politik adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Hanya 27,5% yang merasa agama harus terpisah dari politik, sedangkan 5% lainnya tidak tahu/tidak jawab.



Sebanyak 71,4% responden ormas Islam lain menyatakan agama dan politik adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sebanyak 19% yang meyakini agama harus terpisah dari politik, dan 9,6% menjawab tidak tahu/tidak jawab.

"Responden yang merasa non ormas Islam juga sama. 51,7% menyatakan agama dan politik adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan; 41,5% agama harus terpisah dari politik; dan 25% menjawab tidak tahu atau tidak jawab," kata Ardian Sopa.

Untuk diketahui, survei LSI Denny JA dilaksanakan pada 1-8 Agustus 2023 terhadap 1.200 responden yang telah memiliki hak pilih dan tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia. Pemilihan responden dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling.

Teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Hasilnya dilengkapi dengan riset kualitatif. Margin of error survei ditetapkan sebesar 2,9%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)