Soal Sel Mewah Lapas Cipinang, Kriminolog: Buktikan Aja Langsung ke Dalam

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 20:29 WIB
“Di luar negeri, hanya kasus-kasus tertentu saja yang dimasukkan ke penjara, karena itu sistem hukum kita harus dibenahi. Selama ini 50 persen yang dipenjara itu kasus narkoba dan sebagian besar adalah pengguna. Pertanyaannya apa semua pengguna harus dipenjara? Harusnya kan bandarnya saja yang dipenjara, penggunanya cukup direhab, sehingga penjara tidak over kapasitas lagi,” tutupnya.

Sementara Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Lapas Cipinang Abun juga menyayangkan munculnya isu-isu soal adanya “sel-sel mewah” di Lapas Cipinang. Menurutnya, semua itu hanyalah isu-isu belaka dan merupakan isu lawas.

“Itu isu lawas, sepanjang 5 tahun saya di sini, tidak pernah ada yang namanya “kamar mewah”. Kalau tidak percaya, ayo masuk ke blok yang dikatakan mewah tersebut. Lihat saja, hanya ada kipas angin di sini,” kata Abun sambil menunjukkan kamarnya yang hanya dilengkapi exhaust fan.

Dikatakan, dirinya sudah berumur 60 tahun lebih dan kini sudah menjalani 5 tahun penjara dari 9 tahun vonisnya. Baginya, yang paling penting saat ini menjalani saja hukuman berdasarkan vonis hakim. “Tinggal menyelesaikan hukuman,” tuturnya.

Sedangkan Yudi, salah seorang tersangka kasus korupsi menyatakan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah menerima fasilitas-fasilitas mewah itu. “Saya cuma menjalani saja dan jangan ganggu kami dengan isu-isu di luaran sana. Sehingga kami difitnah mendapat fasilitas dan hidup mewah di sini,” katanya.
(kri)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More