Belajar dari Sebelumnya, Persiapan Pemerintah Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 Lebih Kuat

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 13:32 WIB
Siti Nadia juga mengingatkan bahwa pemerintah mampu menurunkan 56 persen kasus Covid-19 pada Juli 2021 dalam waktu dua minggu dengan kebijakan PPKM Darurat. "Artinya, dukungan dari semua pihak itu juga menjadi penting yang kemudian kita bisa betul-betul menurunkan angka tersebut. Yang penting mewaspadai," ujarnya.

Mengenai sebagian besar negara tetangga yang mengalami peningkatan kasus Covid-19, kata dia, umumnya dikarenakan varian Delta. Siti Nadia mengatakan varian Delta terus bermutasi. “Nah ini yang memang harus diwaspadai, artinya tetap varian Delta yang harus jadi kewaspadaan kita," kata Siti Nadia.

Dia menjelaskan jumlah varian Delta di Indonesia juga cukup banyak. 50 persen varian Covid-19 yang dilaporkan di Indonesia adalah varian Delta. "Makanya menjadi penting bagaimana memastikan baik varian Delta maupun varian yang mungkin masuk ya dari luar itu harus tetap kita perkuat pintu masuk kita," pungkasnya.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan Indonesia belum lama ini melewati gelombang kedua. "Semua infrastruktur pelayanan kesehatan dan medik diperkuat untuk menghadapi lonjakan kasus tersebut. Maka tentunya fasilitas tersebut juga akan standby untuk menghadapi potensi lonjakan kasus ke depan," ujar Wiku.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rca)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More