Don't Lose Yourself Over Social Media

Selasa, 28 September 2021 - 12:01 WIB
Hal yang tak disadari, pengalihan untuk mengisi waktu luang adalah melihat berbagai aktivitas di media sosial, dimana penggunaan media sosial dalam jangka waktu lama juga dapat memengaruhi kesehatan mental pada diri.

Masih minimnya pengetahuan tentang literasi digital di Indonesia menjadi perhatian dari berbagai pihak. Peran pentingnya keluarga yang disebut sebagai parenting digital sangat diperlukan, karena bukan saja tanggung jawab orang tua akan tetapi melibatkan keluarga secara keseluruhan.

Hal ini untuk membangun kesadaran diri dalam melakukan pembekalan serta pendampingan bagi anak usia dini, ketika anak-anak menggunakan media internet ketika bukan untuk keperluan PJJ.

Selain itu, instensitas penggunaan media sosial dapat meningkatkan kecemasan diri (self-anxiety), komparasi diri (self-comparison), akhirnya menimbulkan emosi diri dan pikiran menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan tersebut, juga dapat memengaruhi penurunan kepercayaan diri (low selfconfidence) serta penghargaan diri (low self-esteem).

Oleh karena itu, mengetahui bahwa pentingnya pendampingan dan pembekalan melalui peran literasi digital ini, maka terdapat pendekatan komunikasi (5w+1H) melalui three things saat menggunakan media sosial ialah:

1. Purpose

Tentukan tujuan ketika ingin menggunakan media sosial untuk apa.

2. Consistent

Tindakan yang konsisten menciptakan hasil yang konsisten, dengan kata lain setelah menetapkan tujuan penggunaan media sosial, konsisten dengan tujuan yang telah ditetapkan sehingga dapat mengatasi dampak yang dapat timbul.

3. Comitment
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More